MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, April 12, 2018

PASCA PEMBONGKARAN BANGUNAN LIAR DANSEKTOR VIII TANAM POHON VERTIVER DI BANTARAN SUNGAI CITARUM


PASCA PEMBONGKARAN BANGUNAN LIAR DANSEKTOR VIII TANAM POHON VERTIVER DI BANTARAN SUNGAI CITARUM
Kab Bandung,Media Suara Nasional -Pasca pembongkaran bangunan liar tanpa izin di sempadan sungai Citarum kampung Patrol desa Cilampeni beberapa waktu lalu.

Dansektor VIII,Kolonel Aby Ismawan bersama maung-maung Siliwangi dan warga Cilampeni menanam pohon Vertiver di sempadan/bantaran sungai Citarum.

Dijelaskan Dansektor VIII saat diwawancara MSN maksud dan tujuan menanam pohon Vertiver,"Sengaja kami tanam Vertiver untuk menjaga dan menahan terjadinya erosi dan manpaatnya sebagai penyerap racun limbah yang ada di daerah aliran sungai Citarum dan bermanpaat juga untuk lingkungan hidup.

Disebutkannya juga penanaman Vertiver sekarang baru 1000 batang pohon dari rencana 10.000 batag pohon yang akan di tanam sepanjang bantaran sungai Citarum di desa  Cilampeni ini.

Namun tidak semua Vertiver ini ditanam di bantaran mengingat bantaran ini ada yang curam,jadi sementara kita tanam dibantaran yang landai saja dulu,"ucapnya
Jarak penanaman Vertiver ini setengah meter dengan penanaman pola jigjag dan penanaman serta perawatannya juga tidak begitu repot,karena menurut teknis balai benih dinas pertanian,penyiraman hanya cukup satu kali saja karena bantaran sungai basah yang selanjutnya saya berharap warga bisa menjaga dan merawatnya untuk kelestarian tanaman vertiver ini,kemudian warga jiga dipersilahkam untuk menanam pohon jenis lainnya supaya sempadan ini keliatan asri ,indah dan tertata dengan baik,dimana warga saya himbau jangan membuang sampah dan mendirikan bamgunan di sempadan sungai Citarum lagi," tegasnya.

Semenjak bangunan tanpa izin  dibongkar di sempadan sungai Citarum wilayah desa Cilampeni tampak anak-anak kecil bisa bermain-main dengan nuansa yang berbeda,dimana mereka sudah tidak terganggu lapangan yang sempit,dan sempadan sudah keliatan asri dan bersih serta tertata dengan baik. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment