MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 4, 2018

Ketua JPCH Setio,SH.MH Turut Peduli Tanam Bibit Vetiver Guna Tingkatkan Penghijauan


Ketua JPCH Setio,SH.MH Turut Peduli Tanam Bibit Vetiver Guna Tingkatkan Penghijauan


Bapak Setio,SH.MH ( Paling kanan )
Bandung, Media Suara Nasional-Guna menyikapi kerusakan lingkungan dan mensukseskan program Citarum Harum ketua JPCH ( Jurnalis Peduli Citarum Harum) Setio SH,MH beserta para penggiat lingkungan yang tergabung dalam  komunitas JPCH  Rabu ( 4/4) menanam bibit pohon Vetiver dilahan mata air purba Cipaku berlokasi di kelurahan Ledeng kecamatan Cidadap kota Bandung provinsi Jawa Barat.

Penanaman bibit pohon Vetiver ini sebagai bentuk aksi kepedulian lingkungan Hijau karena alam ini sudah di rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Hadir dan mendampingi kegiatan tersebut Sekjen JPCH, Zhovena  ST dan Owner Cipaku Gorden, abah Wiwi,  Aminudin Sekcam kec Cidadap  Suprapto selaku Lurah Ledeng serta insan Pers yang meliput kegiatan tersebut.

Foto bersama para penggiat lingkungan
Bentuk kepedulian yang dilakukan para penggiat lingkungan yang tergabung dalam JPCH yaitu menanam bibit pohon dilahan mata air purba seluas 8 Hektar salahsatu lahan tanah milik Hotel Cipaku Garden. Adapun pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon Mahoni,Aren (pohon kawung) dan bibit tanaman pohon keras lainnya.

Dalam kesempatan itu Setio menjelaskan,"Sangat penting dilakukan penghijauan di area kawasan Hotel Garden Cipaku,mengingat kerusakan lingkungan di KBU sudah sedemikian rusak parah,pasalnya disini sudah berdiri dan banyak alih pungsi hutan menjadi perumahan-perumahan elite yang diduga melanggar perizinan dan Amdal,"ucap Setio menegaskan.

Hal senada dikatakan Martika Edison, Ketua Gema Peduli Hutanku (Gerakan Masyarakat Peduli Hutan dan Lingkungan Hidup) mengatakan sebaiknya pemerintah tegas dalam menegakan peraturan dan jangan memberikan izin kepada para pemohon apabila akibatnya merusak lingkungan terutama perumahan dan gedung-gedung besar.

“Dalam hal ini pihak Perhutani juga harus memperketat izin sewa lahan supaya kelestarian hutan dan lingkungan tetap terjaga dan agar perhutani tetap diharapkan kehadirannya dan imagenya menjadi perusahaaan yang peduli kelestarian alam, bila tidak baiknya dibubarkan saja daripada tidak amanah”,pungkasnya. ( Arbim/mzk )


No comments:

Post a Comment