MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, April 4, 2018

PANGDAM III SILIWANGI ARAHKAN PENANAMAN 9000 VERTIVAR DIBANTARAN OXSBOW BOJONGSOANG


PANGDAM III SILIWANGI  ARAHKAN PENANAMAN 9000 VERTIVAR DIBANTARAN OXSBOW BOJONGSOANG 
Lokasi penanaman Vertivar

Kab Bandung, Media Suara Nasional-Predikat Sungai Terkotor di dunia yang disandang Sungai Citarum menjadi tamparan bagi seluruh warga Jawa Barat, sebab itu pemerintah hingga TNI dan masyarakat bahu-membahu dalam mengatasi pencemaran sungai sepanjang 300 kilometer itu dengan program" Citarum Harum".

Pangdam III Siliwangi Mayjen Besar Harto. H melalui Dansektor VI Kolonel Inf Yudhi mengatakan,"Upaya penanganan Citarum tidak boleh berhenti dan harus bergulir,kita ingin sungai Citarum tercatat sebagai sungai tercantik di dunia,kita bisa mulai dari hal terkecil dengan membuang sampah pada tempatnya, jangan sekali-kali membuang sampah ke sungai,Prilaku hidup bersih harus jadi budaya kita." Ujarnya.

Masih menurutnya," seperti kita sudah tahu di Sektor VI lokasi Oxsbow di Bojongsoang sampah yang menggunung hingga orang bisa berjalan diatas sampah  dan sudah diviralkan oleh media asing salah satunya sungai terkotor, kini sudah mulai agak bersih,tentunya ini berkat kerja masyarakat dan semua komponen serta didorong oleh kami maung-maung Kodam III Siliwangi yang setiap harinya bekerja dan bekerja membersihkan Oxsbow ini karena sampah disini adalah sampah yang sudah puluhan tahun mengendap dan muncul diatas permukaan air sungai bilamana cuaca panas, maka dari itu sedikit demi sedikit sampah ini kami bersihkan." Jelasnya.

Kemudian kami sampaikan salam dari bapak Pangdam III Siliwangi, Mayjen Besar Harto, Salam Hormat kepada semua masyarakat salam hidup bersih dan mari kita secara bersama-sama membersihkan sungai Citarum dari sampah dan limbah Industri serta kotoran hewan dan manusia.

Semoga dengan hidup bersih masyarakat bisa sejahtera, bahagia, dan beliau melihat sesuatu daripada prajurit Siliwangi, siapa kita siapa diri kita yang ahirnya kita bisa berintrofeksi bisa melihat dimensi alam sama dimensi lingkungan,apa yang kita perbuat manakala kita bisa pandai membaca situasi, pandai membaca permasalahan yang ada Insyaallah kita akan bisa memecahkan segala persoalan alam ini," tegasnya.

Hari ini Selasa ( 3/4) kami menanam 9000 vertfer yang didatangkan dari Korem Ciamis  sesuai dengan arahan dan petunjuk bapak Pangdam III Siliwangi, ditanam di sepanjang bantaran Oxsbow jembatan Biru Bojongsoang kabupaten Bandung,dimana tanaman Vertivar ini berguna untuk meresap racun-racun dan abdasi serta tanah longsor yang berada di Oksbow ini selain itu sungai akan menjadi jernih dan bersih," ujarnya.

Alhamdulilah manakala ada niat tulus niscaya segala pertolongan bantuan pasti ada untuk memelihara dan menjaga alam kita ini,itulah yang disampaikan bapak Pangdam III Siliwangi ,Mayjen Besar Harto kepada Masyarakat,semoga bermanpaat dan bisa berguna bagi kita semua.

Perlu diketahui juga lokasi Oxsbow ini di sebelah pojok sana akan di buat karangtritis untuk digunakan masyarakat dalam berbagai hal kegiatan dimana tadinya dari tempat yang kotor,kumuh bisa ada perubahan bilamana kita ada niat dan keinginan untuk hidup bersih.

Dansektor VI menambahkan," tanggal 21 pebuari 2018 kami masuk ke lokasi Oxsbow ini dan tanggal 6 kami membawa 30 media atas arahan dan petunjuk Kolonel Desi selaku Kapendam III Siliwangi untuk mengambil gambar lokasi oxsbow ini dan selanjutnya kami beserta seluruh komponen yang ada melakukan giat bersih-bersih dimana sebelumnya di oxsbow ini kita bisa berjalan karena tumpukan sampah yang tebal,dan kapal Boat juga sampai berhenti karena tumpukan sampah, kami juga minta maap kepada rakyat yang jadi korban waktu itu sebab sungai kami bendung dulu untuk memasang jaring dan sampah di dasar oxbow namun demikian alhamdulilah sekarang rakyat bisa menikmatinya karena air sungai bersih dan warga bisa memancing dan anak-anak bisa bermain di tempat ini tanpa jijik dan bau sampah.

Dansektor VI berharap juga masyarakat di sini bisa menjaga dan memelihara kebersihan sehingga tidak akan lagi ada tumpukan sampah yang mencemari lingkungan," pungkasnya. ( Arbim/mzk )

No comments:

Post a Comment