MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, July 22, 2018

Sektor 21 Cor Lagi Saluran Limbah 2 Pabrik di Kecamatan Dayeuhkolot

Kota Bandung,Media Suara Nasional-Sektor 21 Satgas Citarum Harum yang dipimpin langsung Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Yusep Sudrajat lagi-lagi mengecor dua saluran limbah 2 pabrik di  Desa Sukapura Kec. Dayeuhkolot, Kota Bandung, Sabtu (21/7).

Pengecoran 2 saluran limbah cair itu yang hitam dan bau mengalir deras menggunakan truk pengaduk semen agar pengecoran lancar.Sektor 21 Satgas Citarum Harum juga menutup saluran pembuang limbah cair PT. Famatex dan PT. Papandayan Cocoa Industries serta menutup ruang diskusi kepada para manajemen pabrik tersebut.

Sementara, Kol. Inf. Yusep masih mencari-cari dari saluran-saluran mana saja limbah cair yang hitam dan bau itu mengalirnya. Air limbahnya demikian banyak.

Setelah ditelusuri, ternyata proses pengolahan di IPAL Komunal PT. Mitra Citarum Air Biru (MCAB) di Cisirung yang menerima limbah cair dari 25 pabrik di Kec. Dayeuhkolot. Sebab, kekuatan IPAL Komunal PT MCAB hanya bisa menampung 10.000 M3 per harinya. 

"Jika satu pabrik menghasilkan sedikitnya 700 M3/hari dan dialirkan ke IPAL Komunal PT MCAB kelebihan limbah cair milik 25 pabrik itu berindikasi dibuang tanpa masuk IPAL Komunal," tegas Kol. Inf. Yusep. (Elly/Arbim)

No comments:

Post a Comment