MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, July 27, 2018

715.312 Bibit Ditanam di Lahan Garapan Masyarakat Hulu Citarum

Kab.Bandung,Media Suara Nasional-Dansektor Pembibitan Citarum Harum Kol. Inf. Yanto Kusno Hendarto mengklaim telah  menanam 1.349.488 bibit di hulu sungai Citarum dan dari sejumlah itu yang telah ditanam di lahan garapan masyarakat, Bongkor Desa Tarumajaya Kec. Kertasari Kab. Bandung, sebanyak 715.312 bibit pohon, Kamis lalu (26/7).

Kolonel Yanto mengemukakan, bibit-bibit itu ditanam di Cikembang oleh para prajurit Maung Siliwangi bersama masyarakat yang diharapkan melalui pendekatan itu terjangkau untuk mengubah pola pikir (mindset) masyarakat yang umumnya petani.

"Mindset masyarakat masih berfikir ekonomis tanpa memikirkan ekologis yang memiliki manfaat jangka panjang. Karena itu, kami menggabungkan pola mereka dengan pola kami. Hasilnya masyarakat memahami tujuan wujud Citarum Harum," tegas Dansektor.

Ia memaklumi mindset masyarakat sebagai petani yang terbiasa dengan pencahariannya, tanpa mengindahkan aspek-aspek keseimbangan dan kelestarian alam. Namun, ia pun bersyukur pola pikirnya telah mulai ada perubahan.

Kini, mereka bersama para prajurit Maung Siliwangi merawat tanaman yang baru ditanam itu. Mereka pun bersama para prajurit selalu memeriksa jika ada tanaman baru yang rusak atau mati dan melaporkan ke Sektor Pembibitan untuk mendapat tanaman pengganti.

"Alhamdulillah, melalui pendekatan dan sosialisasi untuk mengubah mindset masyarakat sehingga saat ini sudah merata. Responnya menggembirakan dan mereka sudah mulai mengikuti kami," ucapnya.

Ia pun menambahkan, itu terlihat dari lahan yang sudah berubah menjadi terasering dan peralihan penanaman jenis komoditi tanaman, selain hortikultura. (Elly).

No comments:

Post a Comment