MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, July 25, 2018

Sektor IV Satgas Citarum Buka Cor Lubang Saluran Limbah Cair Dua Pabrik Di Majalaya


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Dua pabrik di Majalaya kabupaten Bandung,CV Sungai Indah dan PT Maju Aman Sentosa,Selasa(24/7) di buka Penutup Lubang Saluran Limbah Cair yang di cor oleh Sektor IV  Satuan Tugas Citarum Harum pukul 15.30 WIB.

Hal ini dilakukan karena kedua pabrik tersebut telah memperbaiki IPAL limbah Cair nya sesuai dengan baku mutu setelah sebelumnya di cor karena membuang limbah cair ke anak sungai Citarum tanpa di proses dengan benar sehingga mencemari daerah aliran sungai Citarum.

Setelah di lakukan peninjauan ulang dan hasil Uji Tes Lab oleh tim Satgas Citarum Harum Sektor IV, CV Sungai indah Reng Parameter PH 7,3 Mg/liter dan TSS 30 Mg/ liter sehingga dinyatakan aman dan layak untuk di buang ke sungai.Begitupun juga hasil tes Uji Lab PT Maju Aman Sentosa menunjukan reng Parameter PH 7,3 Mg/liter dan TSS 29 Mg/liter.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Perwakilan Masyarakat setempat dan Kepala Desa yang di dampingi oleh Babinsa dan Binmas kecamatan Majalaya serta di saksikan langsung oleh pemilik Perusahaan.

Dijelaskan Kolonel Inf Kustomo," Di buka-nya coran  lubang saluran limbah dua pabrik ini,karena mereka telah menunjukan niat baik dan memperbaiki Ipal Limbah cair sesuai dengan baku mutu sehingga aman untuk di buang ke sungai,tentunya dengan catatan mereka harus bisa menunjukan setiap harinya hasil sample PH dan TSS ke kami selaku Satgas Citarum Harum,"ucapnya.

Kemudian bilamana mereka melakujan kesalahan lagi membuang limbah cair tidak sesuai dengan baku mutu,kami tidak akan segan-segan menindak kembali secara tegas dan di proses secara hukum," tegasnya.

Masih di tempat yang sama Mr Ken  pemilik Pabrik Aman Maju Sentosa berlokasi di kampung  leuwidulang desa Sukamaju kecamatan Majalaya,mengakui pihaknya salah dan teledor sehingga limbah cair perusahaan kami masuk ke daerah aliran sungai Citarum tanpa melalui proses yang benar dan ujung-ujungnya kami di tindak tegas oleh sektor IV Satgas Citarum Harum,"ungkapnya.

Namun dengan kejadian ini,kami akan lebih hati-hati dan terus memperbaiki pengolahan limbah cair dan siap mendukung program Citarum,"tegasnya.

Hal senada dikatakan pemilik pabrik CV Sungai Indah,Menurutnya." Kami salah dan siap berkomitmen untuk selalu memperbaiki dan membenahi IPAL Iimbah Cair agar tidak merusak dan mencemari daerah aliran sungai Citarum,kami tidak akan mengulangi lagi kesalahan  dan siap membantu menanggulangi percepatan pemulihan sungai Citarum,"pungkasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment