MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, July 20, 2018

Pemdes Margahayu Selatan Pasang Jaring Sampah Berkolaborasi Dengan Sektor VII Satgas Citarum Harum


Kab Bandung Media Suara Nasional-Kepala desa Margahayu selatan H.Amin M Barkah ST bersama satuan tugas Sektor VII Citarum Harum Kodam III Siliwangi dan KKN Mahasiswa UPI Bandung serta Mahasiswa KKN Universitas Telkom,Kamis(19/7) melakukan kegiatan pemasangan Jaring Sampah di Kampung Manglid RW 11/06 Desa Margahayu Selatan kecamatan Margahayu kabupaten Bandung.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemdes Margahayu Selatan dan para Mahasiswa UPI serta Mahasiswa Universitas Telkom Bandung yang dibantu Sektor VII Satgas Citarum Harum Kiodam III Siliwangi terkait limbah sampah yang masuk ke daerah aliran sungai Cicukang yang bermuara ke sungai Citarum. 

Seperti diketahui sebelumnya bahwa limbah sampah ini berasal dari Kotamadya Bandung,terutama kiriman  dari pasar Caringin,kampung Cibuntu yang selama ini mengotori sungai Cicukang karena merupakan saluran induk air

Dikatakan H.Amiin saat di temui MSN dilokasi pemasangan Jaring sampah," Pemasangan jaring di sungai Cicukang ini untuk menahan limbah sampah yang datang dari hulu agar jangan sampai terbaawa ke hilir, ,tentunya juga untuk memudahkan pengambilan sampah agar tidak berserakan ke mana-mana,"ucapnya.

Kemudian dengan adanya program Citarum Harum kami tetap bersinergi untuk membantu pemerintah pusat mensukseskan program ini,tentunya juga kami berkolaborasi dengan sektor VII  Satgas Citarum Harum di bawah arahan Kolonel Purwadi selaku Dansektor VII di bantu mahasiswa UPI Bandung dan Mahasiswa Universitas Telkom yang sedang KKN ( kuliah Kerja Nyata)  tujuan utamanya agar sungai Citarum bersih seperti semula.

Sebelumnya juga beberapa bulan ke belakang sungai Cicacukang ini kami bersihkan,namun kiriman sampah dari kotamadya yang mengalir dan masuk ke wilayah kami,berdampak sungai ini kotor kembali maka demikian sekarang di pasang Jaring Sampah,"jelasnya.

Masih ditempat yang sama Dansektor VII Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi melalui Kopda Asep S,selaku Babinsa desa Margahayu Selatan menjelaskan," Pemasangan jaring di anak sungai Cicukang yang bermuara ke sungai Citarum guna meminalisir sampah kiriman dari Hulu yang datang dari Kotamadya,dimana sebelumnya sungai ini sudah kami bersihkan,lalu guna mengantisipasi sampah yang di buang ke sungai ini,kami bersinergi dengan pemerintah desa Margahayu Selatan akan memasang CCTV,supaya dapat diketahui siapa saja yang berani buang sampah sembarangan,dan tentunya akan kami tindak tegas bilamana ketahuan,"tegasnya.

Hal senada dikatakan Luthfi mahasiswa Universitas Telkom semester 7,disebutkannya,"kami bersama rekan-rekan Mahasiswa UPI Bandung saat ini sedang KKN program Citarum Harum,dimana upaya kami akan membantu TNI dalam mensosialisasikan program Citarum Harum agar masyarakat bisa merubah prilaku hidup untuk tidak membuang sampah ke sungai."Terangnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment