MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, July 18, 2018

Lima Pabrik Pencemar Lingkungan Di Majalaya Di Tinjau Ulang Satgas Citarum Harum Sektor IV


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Satgas Citarum Harum sektor IV mengkaji ulang 5 perusahaan di Majalaya kabupaten Bandung,ke 5 pabrik tersebut yaitu PT Gunajaya,Bima Jaya,CBIP,Eilfeltex dan Indo Pacifik yang sebelumnya saluran air limbahnya di Cor oleh Satgas Citarum Harum karena membuang air limbah tanpa di proses yang benar.

Pengkajian ulang ke 5 pabrik tersebut berdasarkan permintaan pihak perusahaan terhadap Satgas Citarum Harum Sektor IV ,  yang mengaku  telah membenahi dan memperbaiki IPALnya  ,setelah mendapatkan tindakan tegas penutupan saluran limbah karena membandel.

Pengkajian ulang yang mendatangkan tim lab Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi itu, digelar hari Senin dan selasa tanggal ( 16 /17-7 2018 ) dihadiri oleh masyarakat setempat dan Pemerintah desa Padaulun,Sukamukti dan Padamulya kec Majalaya .

Tujuan pengkajian ulang tes Lab yang dilakukan Tim Satgas Citarum Harum,guna memastikan  pabrik-pabtik tersebut apa betul sudah memperbaiki air limbah pabrik yang di buang ke daerah aliran sungai Citarum.Namun demikian walau sudah di uji Lab dan dipastikan reng paremeter  PH dan  TSS nya aman sesuai dengan baku mutu,Satgas Citarum Harum IV dibawah Komando Kolonel Inf Kustomo selaku Dansektor IV belum membuka saluran air limbah yang di Cor karena hasil Cod nya belum di tes secara pisik dan sampai saat ini saluran air limbah yang di Cor belum di buka,adapun pabrik yang sudah melakukan perbaikan dengan benar dan sesuai baku mutu Satgas Citarum Harum mempersilahkan untuk membuka coran saluran air limbah yang di tutup.

Menurut Alex pemilik PT Gunajaya sekaligus ketua Apindo kabupaten Bandung, saat diminta tanggapan terkait pengkajian peninjauan ulang pabriknya menjelaskan," perusahaan saya mengalami kebocoran sehingga  resapan air limbah mengalir ke anak sungai Citarum,tapi sudah di benarkan dan sekarang masih di kerjakan guna mengantisipasi kebocoran lagi.

Namun demikian IPAL perusahaan saya sudah di uji oleh tim lab satgas Citarum,dan hasil Rank Paremeter PH dan TSS nya sudah aman dan sesuai dengan baku mutu,"jelaanya.

Lain hal yang dikatakan Maya CBIP,setelah tim Satgas Citarum Harum sektor IV meninjau ulang ke perusahaan kami,dan dilakukan uji lab kelayakan air limbah pabrik,hasilnya sekarang baik dan aman sesuai dengan baku mutu,namun COD nya belum di analisa karena alatnya belum datang saat di lakukan pengkajian,"ucapnya.

Sebelum Satgas Citarum Harum Sektor IV meninjau kembali perusahaan CBIP,kami terus melakukan perbaikan-perbaikan guna mendapat hasil maksimal,sehingga limbah pabrik dinyatakan aman dan sesuai dengan baku mutu,tentunya kami berharap saluran air limbah yang di cor segera di buka kembali,karena kami harus produksi kembali.'terangnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment