MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, July 25, 2018

Pangdam III Siliwangi," Peran Wartawan Harus Profesional Guna Mengawal NKRI Karena Akan Bermunculan Wartawan Cyber


BANDUNG, Media Suara Nasional-Bertempat di Mako Kodam I Kodam III Siliwangi jalan Aceh no 69,Rabu (25/7) Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI  Besar Harto Karyawan menggelar Coffee Morning bersama Insan Media dan seluruh Dansektor  Satuan Tugas Citarum.Harum.


Dalam.sambutannya Panglima Kodam.III Siliwangi menjelaskan,"bahwa Media massa merupakan salah satu rekan strategis bagi TNI. Sinergitas antara media dengan TNI semakin dekat salah satunya dengan program Citarum Harum," ujar Mayjen TNI Besar Harto.

Disebutkannya juga,"Saya meminta wartawan bertindak profesional dalam.memberikan informasi kepada masyarakat,karena tantangan media semakin berat terutama Siber, maka peran media dan TNI harus semakin erat terutama dalam mengawal program Citarum Harum dan mengawal NKRI,"tegasnya.

Selain itu, dia mengaku ingin terus mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca. Menurutnya, budaya membaca bukan hanya sekadar dipahami, tetapi juga perlu dianalisis. Kendala ke depan media Siber ( wartawan tidak jelas) akan bermunculan untuk itu wartawan harus memahami etika jurnalistik dan harus mempunyai SDM(Sumber Daya Manusia) yang mumpuni "Kami ingin mencerdaskan anak bangsa untuk berpikir dan meningkatkan sumber daya manusia," katanya.

Ditempat yang sama wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat, mengatakan saat ini terdapat 42.000 media cyber di Indonesia. Kondisi ini menjadi tantangan bagi PWI untuk mendorong media siber melakukan verifikasi.

"Tantangan bagi PWI yakni mendorong media ini untuk melakukan verifikasi ke Dewan Pers. Hal ini untuk legalitas sekaligus media ini benar-benar profesional," ucapnya.

Selain itu, sambung Hilman, wartawan perlu mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai salah satu syarat verifikasi media cyber.

"Adanya UKW membuat seorang wartawan profesional dalam.menjalankan tugas jurnalistiknya,"terangnya.

Ditengah acara Panglima Kodam III Siliwangi memberikan cinderamata kepada seluruh insan media yang diwakili Hilman,sebagai bentuk penghargaan kepada para jurnalistik yang tergabung dalam program Citarum Harum ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment