MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, July 20, 2018

Kol. Kav. Purwadi; Dengan Adanya KKN Tematik Kami Merasa Terbantu

KAB BANDUNG,Media Suara Nasional - Program KKN Tematik Telkom University dan Universitas Airlangga di DAS Citarum ditutup dengan penanaman bibit pohon keras bersama Satgas Sektor 7, di desa Sukamukti, Kabupaten Bandung.

"Ada 6 jenis pohon yang ditanam, diantaranya pohon flamboyan, belimbing wuluh, matoa, bacang belibus, dan durian. Masing-masing jenis terdiri dari 20 bibit pohon, jadi jumlah keseluruhan ada 120 bibit pohon yang ditanam," terang Dansektor 7, Kol Kav Purwadi, Kamis (19/7).

"Pohon yang kita tanam sepanjang bantaran citarum meliputi 3 desa, diantaranya desa Sukamukti, Rancamanyar, dan Sangkan Hurip," tambah Purwadi.

Menurut Kol Kav Purwadi, tingkat keberhasilan dari penanaman yang pernah dilakukan di beberapa desa sebelumnya, hasilnya cukup memuaskan, "kita sudah pengalaman, seperti di desa Pangauban dan daerah lain alhamdulillah 90 persen tanaman tumbuh. Karena seminggu sebelum dilakukan penanaman, tanah sudah kita siapkan dulu dengan penggemburan dan pemupukan," jelas Dan Sektor 7.

Secara keseluruhan, kata Purwadi, dengan adanya KKN Tematik yang dilakukan kedua universitas, baik Universitas Telkom dan Universitas Airlangga, sebagai Satgas Sektor Citarum merasa banyak terbantu dengan kehadiran mahasiswa, banyak masukan yang diterima, terutama bidang teknologi dan aspek kesehatan untuk mendukung keberhasilan program Citarum harum. 

"Untuk teknologi ada yang menginisiasi tentang penjernihan air, penanggulangan limbah melalui penyaringan, pembuatan tempat pembuangan sementara (TPS), sementara aspek kesehatan melakukan pengobatan, pembelajaran sejak usia dini tentang lingkungan hidup melalui metode game dan sosialisasi secara langsung," sebutnya.

Sementara, Dr. Pratiwi Susilawati, mewakili PPM Universitas Airlangga menyebutkan bahwa, pada KKN Tematik kali ini menerjunkan sebanyak 87 mahasiswa. Selama dua minggu berada di tengah-tengah masyarakat aliran sungai citarum, "salah satu prioritas persoalan yang mahasiswa temukan adalah kurangnya bak penampungan sampah di sepanjang aliran sungai. Untuk itu kami sudah buat bak penampungan di 7 titik bantaran sungai," ujar Pratiwi.

Ditempat yang sama, Rina Pujiastuti selaku Wakil Rektor 4 Telkom University berharap untuk KKN Tematik tahun berikutnya dapat menerapkan inovasi teknologi yang bersifat solusi bagi DAS Citarum. "Solusi-solusi teknologi tidak bisa diterapkan secara instan, semoga di tahun berikutnya apa yang sudah dirancang bisa diterapkan," pungkas Rina Pujiastuti. (Elly)

No comments:

Post a Comment