MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, August 7, 2018

Inovasi Desa Mekarjaya Tingkatkan Program Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Mandiri

Kades Mekarjaya Asep Saeful Khoer dan Istri


Kab Bandung,Media Suara Nasional
-Program Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Maksudnya untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa (selanjutnya disebut UU Desa), memberikan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa, di samping meningkatkan kapasitas finansial Desa melalui, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Lewat kewenangan dan anggaran, desa meningkat kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Menyikapi hal tersebut,Asep  Saeful Khoer S.Pd kepala Desa Mekarjaya kecamatan Pacet kabupaten Bandung,melalui Yudhi S.Pdi selaku Kasie Sarana Prasarana mengatakan,"Alhamdullilah Dana Desa di Mekarjaya sudah masuk 60 persen tahap pertama tentunya hal ini kami realisasikan untuk pembangunan desa Mekarjaya melalui inovasi desa pengerjaan  peningkatan Infrastruktur jalan desa  dan jembatan serta pemberdayaan masyarakat secara mandiri melalui Bumdes Jaya Mekar, dimana sekarang ini kami mempunyai dan memproduksi Air Kangen Water dan Koperasi Desa Mekarjaya untuk pelayanan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk Simpan Pinjam,"jelasnya.

Selain itu Bumdes Jaya Mekar menyewakan juga alat kontruksi berupa Molen Cor,Stempel dan insyaAllah kedepannya Bumdes Jaya Mekar melalui peningkatan kinerja  pemuda dan remaja akan membuat produk Tusuk Sate di kolaborasikan dengan Rukun Warga,"ucapnya.

Adapun pembangunan jembatan Cipatat  di Rw 07 dari anggaran dana desa menghabiskan Rp 37 juta dan pembangunan jalan desa di Rw 04,08 dan Rw 11 menghabiskan anggaran dana desa kisaran Rp 400 jutaan, itu semua kami lakukan guna peningkatan sarana transportasi jalan untuk mempermudah  pelayanan ekonomi kesejahtraan masyarakat baik luar maupun dalam agar masyarakat bisa menjajakan hasil pertanian ke luar dan yang lainnya,"ujar Yudhi menjelaskan.



Masih ditempat yang sama Jang Didin kaur Kesra, mengutarakan,"Desa Mekarjaya di bawah Kades Asep Saeful Khoer dalam periode pertama menjabat tampuk kepemimpinan kepala Desa,telah menjalankan program-program kerja sesuai amanah dalam melayani masyarakat Mekarjaya baik itu pembangunan desa maupun pelayanan sosial diantaranya desa Mekarjaya sudah mempunyai Puskesos yang bertujuan melayani kesehatan masyarakat yang sedang sakit salah satu nya di sediakan mobil pelayanan masyarakat untuk mengantar ke Rumah Sakit,"ungkapnya.

Selain itu segi sosial lainnya yaitu pembenahan dan rehab rumah tidak layak huni( ( Rutilahu) guna peningkatan kesejahteraan masyarakat kami,"tambahnya.

Hal senada di katakan warga RW 07 ," Saya selaku warga desa Mekarjaya mengucapkan terimakasih kepada Asep Saeful Khoer yang telah membaktikan dirinya terhadap pembangunan desa Mekarjaya,dan kami sudah bisa merasakan serta menikmati kinerja beliau,mudah-mudahan beliau bisa menjabat kades selama 3 periode," tegasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment