MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, August 20, 2018

Ketika Rakyat Majalaya Bicara Sungai Citarum Bersih Jadi Ajang Pesta Mancing Mania Gratis


Kab Bandung, Media Suara Nasional-Pesta Hari Kemerdekaan dalam memperingati HUT RI ke 73 , rupannya menjadi ajang mancing mania gratis di sungai Citarum dan momen bersejarah bagi warga leuwidulang Majalaya kabupaten Bandung.Mengingat sudah puluhan tahun warga Majalaya tidak melakukan pesta Rakyat di sungai Citarum semenjak sungai Citarum kotor dan bau serta terisolir limbah pabrik yang membahayakan ekosistem air sungai menyebabkan racun mercuri dampak dari limbah pabrik yang mengandung zat kimia.

Kini setelah turun dan hadirnya Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi,Sektor IV dibawah garis Komando Kolonel Inf Kustomo S.Ip menangani sungai Citarum di wilayah Majalaya selama  kurang lebih 8 bulan,keberadaan sungai Citarum berangsur bersih dan bebas dari limbah pabrik serta sampah.

Tentunya hal ini berkat ketegasan dan kecerdasan para Satgas Citarum Harum dalam mensosialisasikan program Citarum Harum,baik itu ke masyarakat dan para pengusaha pemilik Pabrik pencelupan agar tidak membuang limbah rumahtangga,kotoran Hewan dan limbah Pabrik.

Dan bilamana itu di langgar Satgas Citarum Harum tidak segan-segan memberikan tindakan dan sangsi tegas, diantaranya tidak terhitung pabrik-pabrik yang membandel membuang limbah cair ke DAS Citarum tanpa melalui proses yang benar, dilakukan pengecoran lubang saluran limbah cairnya.

Melihat DAS Citarum sudah berangsur jernih dan bersih serta bebas limbah, warga Leuwidulang Majalaya,Minggu(19/8) di mulai dari pukul 08.15 WIB mengadakan Mancing Mania Gratis dalam rangka Pesta Rakyat Gebyar HUT RI ke 73 tahun,  yang di dorong oleh Sektor IV satgas Citarum Harum melalui DanPos Sukamaju Sertu Udan dan Letda Deni selaku Danton atas petunjuk Kolonel Inf Kustomo selaku Dansektor IV Satgas Citarum Harum berkolaborasi dengan Apindo kabupaten Bandung,wilayah Majalaya.

Dijelaskan Kolonel Kustomo saat diminta tanggapan terkait pesta Rakyat Mancing Mania gratis yang memanpaatkan DAS Citarum," Hari ini warga Majalaya kampung Leuwidulang desa Sukamaju dan sekitarnya,melakukan kegiatan Mancing Mania Gratis di Sungai Citarum yang sudah bisa di tanami ikan berbagai jenis, tentunya ini merupakan kebahagian warga melihat keadaan sungai Citarum yang sudah bersih dan bebas limbah pabrik," ucapnya.

Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT RI ke 73 dan Gebyar Pesta Rakyat bagi para pelaku Industri dan masyarakat maka di adakanlah Mancing Mania Gratis yang di ikuti oleh warga sekitar Majalaya," jelasnya.

Hari ini kita bisa lihat antusias masyarakat mengikuti Mancing Mania di sungai Citarum desa Sukamaju wilayah kecamatan Majalaya, dimana kita bisa buktikan langsung air sungai Citarum sudah bersih bebas dari limbah,bahkan ikan-nya pun bisa terliat di DAS Citarum karena airnya Jernih. Ikan yang kita tanam kurang lebih 1 ton, dan ikan bisa hidup," tambahnya.

Hal senada di katakan ko Ucu, pemilik pabrik Angkrek Mas di Majalaya dan merupakan perwakilan Apindo kabupaten Bandung, menurutnya," Kami mewakili anggota dari Apindo kabupaten Bandung yang ada di Majalaya, hari ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke 73,mengadakan Mancing Mania Gratis di peruntukan untuk masyarakat yang di tanam ikan 1 ton  dan dalam rangka mensukseskan program.Citarum Harum, kedepannya tanggal 25 Agustus,kami akan tanam ikan lagi untuk kegiatan yang sama," ujarnya.

Masih di tempat yang sama Ucup (50 thn) warga Bojongreungas desa Majasetra kecamatan Majalaya, mengatakan," Dengan adanya program Citarum Harum, sangat terasa bagi kita semua, kini air Citarum bersih dan bisa di tanam ikan," ungkapnya.

Terlebih sekarang di adakan Mancing Mania sebagai bukti air Citarum di sini sudah bebas limbah pabrik dan Saya merasa bahagia dan bangga terhadap kinerja TNI, yang telah menjaga Sungai Citarum ini.

Melihat keadaan sekarang,mengingatkan saya kepada jaman dahulu, ketika saya masih kecil, sungai Citarum ikannya  bisa di pancing, untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada Satgas Citarum Harum," Pungkasnya.( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment