MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, August 7, 2018

Dansektor 21 Buka Lubang IPAL PT Guci Ratu di Cibaligo Cimahi

CIMAHI,Media Suara Nasional - Satgas Sektor 21 Citarum Harum membuka coran lubang pembuangan limbah PT Guci Ratu Textile di Jalan Cibaligo Kota Cimahi, Senin kemarin (6/8) setelah pabrik itu memperbaiki IPALnya.

Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Yusep Sudrajat menyatakan apresiasinya terhadap usaha percepatan perbaikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabrik Gucci Ratu Textile.

Untuk meyakinkan perbaikan IPAL pabrik itu, Dansektor 21 mengambil sampel air limbah yang keluar dari lubang saluran IPALnya dan ternyata airnya demikian bening dan jernih.

Kol. Inf. Yusep juga melihat kolam dengan air hasil pengolahan, berisi ikan mas dan koki yang sebenarnya rentan dengan air yang kotor tetapi ternyata tetap hidup. "Itu tandanya, air hasil pengolahan IPALnya sudah baik dan bagus," tegasnya.

Direksi PT Gucci RatuTextile, Andreas Wijaya pada kesempatan itu memerinci perbaikan pengolahan limbah pabriknya kepada para aparat Satgas setelah lubang saluran IPALnya dicor.
Andreas mengemukakan perbaikan itu meliputi penambahan kapasitas airasi dan penambahan bakteri di outlet biologi dan penambahan lahan pada sisa lumpur limbah.

Kedepan, katanya, kami sudah menyiapkan penambahan kapasitas pengolahan biologi dengan menyediakan tabung Un Aeroof agar limbah yang dikeluarkan jauh lebih baik.

Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep menyatakan terima kasih atas usaha manajemen pabrik. Namun untuk lebih meyakinkan lagi dibuat komitmen yang ditanda tangani kedua belah pihak, dirinya dan manajemen pabrik. (Elly)

No comments:

Post a Comment