MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, August 27, 2018

Satgas Citarum Harum Sektor IV, Tetap Akan Awasi Pabrik Di Majalaya Walau Saluran Limbah Cair Sudah Di Buka


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Demi menjalankan amanat Perpres no 15 tahun 2018, guna menjaga ekosistem lingkungan daerah aliran Sungai Citarum,Kolonel Inf Kustomo Dansektor IV, terus berupaya melakukan sidak dan pengawasan serta pengkajian ulang uji tes lab kelayakan limbah cair.
   
Walau ada beberapa pabrik di daerah Majalaya, lubang saluran limbah cairnya sudah di buka Corannya, tetap tidak luput dari perhatian Satgas Citarum Harum Sektor IV Kodam III Siliwangi.

Pabrik-pabrik yang sudah di tindak tegas dan di cor lubang  saluran limbahnya lalu kemudian di buka kembali karena telah memperbaiki IPAL-nya ,  tidak menutup kemungkinan akan di Cor lagi bila masih melakukan dan  mengulang  kesalahan membuang limbah tanpa melalui proses yang benar, bahkan akan di beri sangsi yang lebih tegas lagi.

Tentunya tindakan tegas Dansektor IV ,agar pabrik-pabrik di Majalaya jangan bermain-main dalam memproses limbah cair yang akan di buang ke DAS Citarum, harus tetap sesuai standar baku mutu.
Dijelaskan Kolonel Inf Kustomo saat peninjauan dan  mengkaji ulang Pabrik Jasatex dan Pabrik Bagus Jaya di jalan Laswi,Majalaya desa Padaulun,kabupaten Bandung,"

Setiap pabrik harus tetap komitmen dengan surat pernyataan  perjanjian yang di tulisnya,bilamana tidak mengindahkan dan melanggar perjanjian,jangan harap pabrik-pabrik tersebut aman." Ucapnya.

Saya selaku Dansektor IV,akan tetap mengawasi dan menindak tegas kembali bilamana pabrik-pabrik di Majalaya melakukan kesalahan berulang-ulang," tegasnya.

Setiap hari anggota saya terus melakukan Patroli ke Pabrik-pabrik yang membuang limbah cair ke DAS Citarum, guna memastikan apakah pabrik-pabrik di Majalaya masih buang limbah tanpa di proses yang benar atau tidak,bilamana masih buang limbah tidak sesuai baku mutu,saya akan Cor lagi ," Ujar Kolonel Kustomo, menegaskan. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment