MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, August 15, 2018

Sektor IV Satgas Citarum Buka Coran lubang Saluran Limbah Cair PT WIS Majalaya Bila Masih Melanggar Akan Di Ambil Langkah Hukum


Kab Bandung,Media Suara Nasional- Kembali Dansektor IV Kolonel Inf Kustomo dan tim Satgas Citarum Harum, Selasa( 13/8) mengkaji ulang limbah cair  PT WIS di jalan Balekambang  desa Sukamaju kecamatan Majalaya kabupaten Bandung.

Seperti di beritakan  sebelumnya  Pabrik WIS  mendapat tindakan tegas pengecoran lubang saluran air limbah cair oleh Satgas Citarum sektor IV, karena kedapatan membuang Ipal  limbah cair tanpa melalui proses yang benar ke daerah aliran sungai Citarum.

Hadir dalam pelaksanaan uji kelayakan tes lab di lokasi pabrik,warga setempat dan Muspika kecamatan Majalaya guna memastikan dan menyaksikan kadar limbah cair PT WIS apakah sudah sesuai dengan baku mutu atau belum.

Hasil uji lab kelayakan limbah cair PT WIS menunjukan PPH nya 7,2 Mg/ liter dan TSS 11 Mg/ liter dan dinyatakan baik sesuai baku mutu.

Dijelaskan  Kolonel Inf Kustomo S.Ip saat memberikan keterangan Pers-nya di Lokasi Pabrik WIS mengatakan," Setelah hampir 3 minggu pabrik WIS kami cor lubang  saluran limbah cairnya karena telah membuang limbah cair ke daerah aliran sungai Citarun tanpa melalui proses Ipal yang benar,selama itu PT WIS telah mempunyai itikad baik untuk memperbaiki IPAL-nya dengan menggunakan alat mesin  elektro quobolasi dan kami perintahkan coran lubang saluran limbahnya dipersilahkan untuk di buka,namun kami tetap perintahkan PT WIS produksinya tidak boleh melebihi 800 kapasitas sebelum alat tersebut terpasang semuanya," jelasnya.

Mereka sudah bikin surat pernyataan, bilamana PT WIS produksinya masih melebihi 800 kapasitas tiap harinya maka kami akan ambil langkah hukum dan pidanakan,kami akan serahkan kasus hukumnya ke pihak Polres, nanti pihak Polsek setempat akan lihat track recordnya PT WIS, kalau masih buang limbah cair tanpa di proses lagi dengan benar,maka mereka akan mengambil sikap sesuai dengan proses hukum.

Anak buah saya tiap harinya akan terus memantau PT WIS ,jadi kita harus tetap Fair tidak ada kebohongan dan PT WIS harus tetap setiap harinya juga menyerahkan sample limbah cairya,oleh karena itu tetap PT WIS harus mengikuti aturan yang ada,"ucap Kolonel Inf Kustomo," menegaskan.

Direktur sekaligus Owner PT WIS, Mr Wang Ming Koe saat di minta tanggapan terkait uji kelayakan tes lab oleh tim satgas Citarum Harum sektor IV, mengatakan," Saya akan tetap mengikuti aturan dan terus melakukan perbaikan,oleh karena itu guna memperbaiki kualitas limbah cair sesuai baku mutu,saya akan menggunakan mesin elektro Quobolasi, saat ini baru ada 4 mesin nanti akan datang lagi 3 mesin di akhir bulan ini,  jadi semuanya 7 mesin elektro Quobolasi,"terangnya.

Mengenai isi surat pernyataan,saya akan tanggungjawab 100 persen bilamana mesin semuanya sudah di pasang,dan bilamana saya melanggar lagi,saya siap di pidanakan," pungkasnya .( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment