MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, August 26, 2018

Sektor IV Satgas Citarum Harum Uji Tes Lab Limbah Cair Pabrik Jasatex Dan Bagus Jaya


Kab Bandung,Media Suara Nasional- Kembali Sektor IV Satgas Citarum Harum di bawah garis komando Kolonel Inf Kustomo meninjau ulang pabrik di Majalaya,yang sebelumnya di cor saluran lubang limbah cairnya karena telah melakukan kesalahan,yakni  tidak.memperhatikan IPAL limbah cair yang di buang ke anak sungai Citarum, tanpa melalui proses yang benar berdampak tercemarnya anak sungai citarum dengan racun limbah cair kedua pabrik tersebut.

Pabrik Jasatex dan pabrik Bagus Jaya yang berada di jalan Laswi-Majalaya kecamatan Majalaya kabupaten Bandung,sudah hampir sebulan di tutup lubang saluran limbah cairnya karena kedapatan oleh Satgas Citarum Harum Sektor IV, yang sedang melakukan Patroli membuang limbah cair berwarna Hitam pekat dan bau ke anak sungai Citarum.
 
Pabrik kami sekarang sedang berupaya melakukan perbaikan-perbaikan IPAL limbah cair agar hasilnya baik dan sesuai standar baku mutu,maka dari itu untuk menunjang keamanan dan kenyamanan produksi, saya membeli beberapa karbol baru, agar limbah cair pabrik saya hasilnya jernih dan kadar PH serta TSD berikut COD nya normal,sekaligus limbah cair pabrik saya aman di buang ke anak sungai Citarum," Ungkap Ny Andriani Direktur Pabrik Jasatex.



Saya sekarang sadar dan tidak mau bikin kesalahan lagi,karena saya juga kasihan sama karyawan yang Off dulu,imbas dari di tutupnya lubang saluran limbah cair pabrik kami," ujarnya.

Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada pk Kolonel Kustomo,yang telah sudi datang ke pabrik kami guna meninjau ulang tes uji lab  IPAL limbah cair.

Tentunya saya berharap dengan melihat PH dan TSS yang normal berdasarkan uji tes kelayakan Lab yang dilakukan tim Lab Satgas sektor IV Citarum Harum, Coran saluran limbah cair pabrik Jasatex segera di buka," tuturnya memelas.

Lain hal yang dikatakan pemilik pabrik Bagus Jaya saat di tes uji lab kelayakan limbah cairnya, menurut Mr Bagus," Bahwa upaya yang saya lakukan terkait IPAL limbah cair perusahaan ,yakni dengan membangun IPAL baru," terangnya.
Usaha dan upaya yang kami lakukan terkait pembuatan IPAL baru,karena kami tidak mau bermasalah terkait limbah cair Pabrik Bagus Jaya  saat produksi.

Besar harapan saya Satgas Citarum Harum sektor IV bisa mengetahui upaya perbaikan-perbaikan ini dan di jadikan bahan pertimbangan ,untuk selanjutnya," Kata Mr Bagus.

Sementara itu Kolonel Inf Kustomo menegaskan," bilamana limbah cair kedua pabrik ini sudah baik dan sesuai baku mutu,niscaya kami akan buka coran limbah cairnya." Ucapnya.



Maka segera lah lakukan perbaikan-perbaikan terkait IPAL,guna mendorong percepatan pemulihan sungai Citarum,kerjasama yang baik antara pihak kami dan pabrik tentunya akan kami Apresiasi. 

Dan bilamana masih bermasalah,jangan berharap kami akan bisa segera membuka coran saluran lubang limbah cair, ini demi kebaikan kita bersama ,karena saya srlaku Dansektor IV harus bisa mempertanggungjawabkan kerja dan kinerja saya kepada Panglima Kodam III Siliwangi,terkait pabrik-pabrik yang bermasalah," pungkas Kolonel Kustomo. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment