MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, August 14, 2018

Kadis Pertanian Tubaba Sampaikan, Produksi Padi Terus Meningkat Setiap Tahun



Tulangbawang Barat, Mediasuaranasional-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perkebunan yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian rakyat. Komoditas pertanian dan perkebunan yang banyak terdapat di Kabupaten Tubaba adalah padi, jagung, kedelai, ubi kayu, karet, dan kelapa sawit.

Pada kegiatan audiensi dengan Forum Wartawan Media Harian Tubaba Bersatu (FW-MTB), Ir. Syamsul Komar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba mengungkapkan, setiap tahun produksi Padi di Kabupaten Tubaba terus mengalami peningkatan.

"Program prioritas pertanian di tahun 2018 masih mengacu peningkatan produksi padi sebagai tanaman pangan dari 2 tahun yang lalu sektor dinas pertanian sudah mengadakan penanaman jagung dan kedelai namun yang masih berjalan adalan tanaman padi,"kata Acuy, sapaan akrab Ir. Syamsul Komar di salah satu Rumah Makan, Senin (13/8/2018).

Saat ini, terang Acuy, Kabupaten Tubaba memiliki sawah Tekhnis seluas 12.100 hektar, hanya saja dari keseluruhan sawah Tekhnis tersebut hanya 8.000 hektar saja yang mampu di aliri air oleh perairan way rarem Lampung Utara, sehingga ada sebagian yang tidak bisa panen 2 kali dalam setahun.

"Pemerintah Kabupaten Tubaba secara intensif terus mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, termasuk juga kehutanan, diantaranya melalui pembinaan terhadap Kelompok Tani, misalnya melalui program Kebun Bibit Rakyat (KBR),"ucap dia.

"Dari tahun 2014 perhektar menghasilkan tanaman sebanyak 4,8 ton dan sekarang terus meningkat menjadi 5,1 ton dalam per hektar yang menjadi profitas yang arti nya produksi padi dalam satu hektar,"jelas Acuy.

Selanjutnya, imbuh dia, Pemerintah Kabupaten Tubaba juga terus mengupayakan pengembangan pertanian organik, yang menghasilkan produk pangan yang lebih sehat dan menguntungkan bagi petani.

Acuy menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat juga terus mendorong peningkatan produktivitas petani. "Untuk mendukung kelancaran transportasi dan efisiensi usaha tani perkebunan maupun tanaman pangan, telah dibangun jalan pertanian dan jalan usaha tani yang tentunya sangat memudahkan pengangkutan bahan baku maupun hasil pertanian,"Ungkapnya. (Ded) 

No comments:

Post a Comment