MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, August 15, 2018

Warga Majalaya Sudah Mulai Berani Tanam Keramba Ikan Di Daerah Aliran Sungai Citarum


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Warga desa Sukamaju kecamatan Majalaya kini sudah mulai memanpaatkan sungai Citarum untuk menanam keramba  ikan di daerah aliran sungai Citarum,tentunya ini berkat kerja keras dari Satgas Citarum Harum Sektor IV yang telah melakukan terobosan baru,dengan merubah prilaku hidup tidak baik masyarakat dan para pengusaha Industri Tekstil di Majalaya kabupaten Bandung.


Kini daerah aliran Sungai Citarum secara bertahap mulai bebas sampah dan limbah pabrik serta air sungai Citarum tampak bersih dan jernih.

Menurut Jajang warga Sukamaju,Alhamdulilah kini sungai Citarum mulai berangsur jernih semenjak adanya program Citarum Harum dan warga mulai sadar tentang arti kebersihan lingkungan ekosistem air sungai Citarum," Ucapnya.

Pemasangan keramba ikan oleh warga setempat di daerah aliran sungai Citarum menjadi bukti akan layaknya sungai Citarum di tanami ikan tanpa takut mati,melihat keadaan sekarang sungai Citarum bersih dan jernih,tentumya ini berkat kerja keras para Satgas Citarum Harum di bawah garis komando Dansektor IV Kolonel Inf Kustomo S.Ip yang setiap harinya terus memantau pabrik-pabrik Industri serta melakukan tindakan tegas pengecoran  dengan cara menutup lubang saluran Limbah cair yang di buang sembarangan oleh pabrik-pabrik yang nakal," ungkapnya.

Hal senada di katakan Nawi,warga kampung Leuwidulang desa Sukamaju,menurutnya," sejak adanya Satgas Citarum Harum di sektor IV kecamatan Majalaya,warga kini sudah tidak berani buang sampah lagi ke DAS Citarum.

Di akui atau tidak warga sudah mulai sadar memperhatikan ekosistem air sungai Citarum,walau masih ada segelintir orang yang masih buang sampah ke Citarum ,namun demikian fakta dan kenyataannya kini warga memanpaatkan sungai Citarum di Majalaya dengan cara menanam keramba Ikan untuk di jadikan ternak Ikan," Terangnya.

Semoga Sungai Citarum lebih bersih dan jernih lagi seperti jaman dulu,airnya bisa di konsumsi untuk mandi dan nyuci "Harapnya.



Lain hal dikatakan Harun," Dengan adanya komitmen bersama dukungan pabrik-pabrik Industri pencelupan di Majalaya melalui Apindo kabupaten Bandung untuk percepatan pemulihan sungai Citarum merupakan bentuk wujud keberhasilan satgas Citarum Harum.sektor IV dalam melakukan sosialisasi terhadap para pemilik pabrik untuk bisa membantu mensukseskan Program pemerintah pusat melalui prajurit  Kodam III Siliwangi yang di tugaskan untuk medorong percepatan pemulihan sungai Citarum yang di sebut sungai ke 2 terkotor di Dunia," Tegasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment