MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, July 11, 2018

SATGAS SABER PUNGLI KAB. TOLITOLI LAKUKAN SOSIALISASI DILINGKUNGAN SEKOLAH



Tolitoli,Media Suara Nasional-Dengan memanfaatkan momentum Pengenalan Lingkungan Sekolah oleh siswa siswi SMK Negeri I Tolitoli Tahun Pelajaran 2018/2019, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Tolitoli berkesempatan melakukan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri I Tolitoli (Senin, 9/7). 

Inspektur Kabupaten Tolitoli Dr. Abd. Rahman Alatas, SE.,MM selaku Wakil Ketua Satgas Saber Pungli saat berbicara di hadapan seluruh siswa menjelaskan ciri-ciri pungutan liar sebagai berikut :
1. Dipungutnya biaya tambahan diluar ketentuan yang diatur dalam standar layanan;
2. Biasanya tidak disertai dengan tanda terima / bukti setoran;
3. Tidak disetorkan ke Kas Negara dan biasanya dengan dalih untuk oprasional.

Selanjutnya Abd. Rahman juga menjelaskan perbedaan pungutan dan sumbangan.Pungutan kata Abd. Rahman adalah penerimaan baik berupa uang atau barang / jasa secara langsung maupun tidak langsung yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktunya ditentukan oleh Kementrian, Lambaga, dan Instansi. Sedangkan sumbangan adalah penerimaan baik berupa uang dan atau barang / jasa yang dilakukan oleh perseorangan atau lembaga lainnya yang bersifat sukarela, tidak memaksa, tidak mengikat dan tidak ditentukan baik jumlah maupun jangka waktu pemberiannya.

Pada akhir materinya, Inspektur Kabupaten Tolitoli mengharapkan kepada seluruh siswa dan siswi agar menyebarluaskan informasi ini baik di kalangan keluarga maupun lingkungan tempat tinggal masing-masing. 

Sekretaris Inspektorat yang juga selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPIDP) di Inspektorat Kabupaten Tolitoli Mustaring, SH.,MM.,MH menjelaskan dipilihnya sekolah sebagai sasaran pelaksanaan sosialisasi  mengingat sekolah merupakan salah satu tempat potensi rawan pungutan liar (Pungli) yang sering terjadi pada saat masuk sekolah maupun biaya sekolah. Sosialisasi yang dilaksanakan ini selain diikuti oleh siswa siswi baru juga diikuti oleh dewan guru SMK Negeri I Tolitoli.( mery )

No comments:

Post a Comment