MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, July 12, 2018

Satgas Citarum Harum Sektor IV Izinkan 4 Pabrik Buka Saluran Air Limbah Karena Sudah Memenuhi Baku Mutu


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Satgas Citarum Harum Sektor IV dibawah Komando Kolonel Inf Kustomo selaku Dansektor IV Kodam III Siliwangi didampingi Muspika kecamatan Majalaya,Rabu(11/7) telah memberi izin 4 pabrik Tekstil  untuk  membuka coran saluran air limbah yang sebelumnya di tutup karena telah membuang air limbah tanpa proses Ipal yang benar,yang mencemari sungai Citarum di daerah kecamatan Majalaya kabupaten Bandung.


Adapun ke 4 pabrik yang di Izinkan untuk di buka coran saluran air limbahnya yakni Pabrik PT Gunajaya,CV Purnama Tirtatex,PT Unggul Bukit Kencana di jalan Rancajigang desa Padamulya dan PT Sinar Sari Sejati di jalan Laswi-Majalaya.

Dijelaskan Dansektor IV Kolonel Inf Kustomo yang membawa  tenaga ahli dari Lab tim satgas Citarum Harum," Kami telah memberi izin ke 4 pabrik di daerah Majalaya  untuk membuka coran saluran limbah yang kami tutup selaku Satgas Citarum Harum Sektor IV ,diantaranya PT Gunajaya,CV Purnama Tirtatek,PT Unggul Bukit Kencana dan PT Sinar Sari Sejati ,namun di buka nya Coran tersebut belum menjamin mereka aman karena  bila mereka melakukan pelanggaran lagi kami akan pidanakan sesuai Kepres no 15,"tegasnya.

Selanjutnya berdasarkan hasil lab dari tim ahli kami, bahwa PT Gunajaya telah memperbaiki Ipalnya sesuai baku mutu dengan tes uji lab dua paremeter PH dan paremeter TSS, untuk.paremeter PH itu reng normal dan  amannya dari titik 6  sampai 9 paremeter bilamana di bawah 6 itu adalah  mengandung Zat Asam dan di atas 9 adalah  Basa maka air limbahnya tidak layak di buang ke sungai Citarum karena akan membahayakan ekosistem air sekaligus mencemari air sungai Citarum,"ungkapnya.

Sementara hasil uji lab dari PT Gunajaya saat ini setelah di perbaiki Parameter PH nya yaitu 7,1 dan TSS nya( kadar kekeruhan/endapan dalam air) 33 mg per liter dari  batas normal atau netral 50 mg per liter sehingga pabrik Gunajaya saat ini telah memenuhi standar baku mutu dan aman air limbahnya untuk di buang ke sungai Citarum,"jelasnya.

Baca Juga: 1. Minta Diantar Pulang, Korban Diperkosa, Pelaku Di Kecrek Polisi.  2. Digilir 4 Pria, Siswi SMP Di Lampung Ini Masuk Rumah Sakit.  3. Geng Motor Cirebon Bunuh Dan Perkosa Vina Disamping Jasad Pacarnya.  4. Tergiur Uang 25 Ribu, Gadis 14 Tahun Di Indramayu Hilang Keperawannanya. 

Masih menurut Dansektor,CV Purnama Tirtatek saat ini reng Parameter PH nya ada di titik 6,81 dan reng TSS nya ada dititik aman 50 Mg per liter maka pabrik ini sudah normal dan aman karena baik PH dan TSS nya tidak melebihi baku mutu.

  Sedangkan untuk PT Unggul Bukit Kencana reng Paremeter PH nya adalah 7,26 dan TSS nya ada di kisaran 40 mg per liter,dan untuk PT Sinar Sari Sejati reng Parameter PH nya ada di titik 7,1 dan TSS nya menunjukan di kisaran 7 mg per liter,maka dengan demikian ke empat pabrik tersebut sudah layak operasional kembali karena sudah memperbaikinya dengan benar sesuai ketentuan kementrian lingkungan,"terangnya.

Dilain pihak Mr Alek selaku pemilik PT Gunajaya saat diminta keterangannya terkait perusahaannya yang di cor saluran air limbahnya beberapa waktu lalu mengatakan," kesalahan kami menurut pak Dansektor air limbah berwarna hitam dan bau serta berbusa, karena itu kesalahan kami itu yakni bak penampungan air limbah ada yang retak dan bocor serta meresap ke sungai,namun demikian sekarang ini kami sudah perbaiki,dan hasilnya bagus,perlu diketahui juga bahwa mesin IPAL kami di datangkan dari Spanyol dimana mungkin pabrik lain belum memilikinya. Selain itu ada kelalaian dari pihak operator kami dan kami menegurnya supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi,"jelasnya. 

Lalu untuk keluhan warga terkait saluran air limbah yang dinyatakan bau,pihak kami sebelumnya sudah bersosialisasi dan memberikan bantuan kepada warga namun bantuan kami tersebut tidak sampai,mungkin oleh oknum bantuan kami tidak di realisasikan sehingga wajar bilamana warga marah,namun demikian tetap kami akan perhatikan terkait keluhan warga dan kami akan realisasikan bantuan kesejahteraan warga  sesuai kebutuhan agar kondusifitas antara lingkungan pabrik dan warga terjaga dengan baik, karena keberadaan pabrik kami agar bisa menjadi berkah bukan musibah bag warga," pungkasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment