MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 22, 2017

H. Dahya Lakukan Terobosan Penataan Pasar Desa di Kecamatan Ciparay

  H. Dahya, Kepala Desa Ciparay
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Dikatakan Kepala Pasar Desa Ciparay Kabupaten Bandung Hadi Adnan, "penataan pasar Ciparay perlu adanya dukungan dari lingkungan setempat guna meningkatkan kebersihan Desa Ciparay yang selama ini dianggap kumuh," ujar Hadi Adnan. Kamis (21/12) saat diwawancara di ruang kerjanya.

Masih menurut Hadi, Alhamdullilah saat  ini pasar Desa di Kecamatan Ciparay mulai tertata dengan baik atas dasar hasil dari musyawarah warga pasar dengan pemerintah Desa Ciparay dan berkat dorongan moral dari pihak Muspika setempat.

Lanjut Hadi, awalnya yang menjadi kendala kami yakni tidak ada pasilitas pembuangan sampah sementara yang sebelumnya berserakan di mana-mana. Namun setelah kami melakukan musyawarah dengan warga pasar dan lingkungan sekitar pasar, akhirnya kami menemukan solusi dengan membuat tempat pembuangan sampah sementara di bagian pasar ujung sebelah barat.

"Selain itu guna peningkatan kenyamanan konsumen berbelanja di pasar Desa Ciparay, kami menata kios-kios dengan baik  agar tidak tampak kumuh dimana di sebelah utara kami bangun 100 kios dan sebelah timur 11 kios, tujuannya agar para pedagang PKL yang sebelumnya berjualan di jalur trotoar jalan raya tidak lagi berjualan dijalur Zona larangan berjualan karena mengganggu pejalan kaki dan menimbulkan kemacetan jalan raya, maka kami tampung untuk berjualan dan mengisi kios-kios yang sudah kami sediakan," ujarnya.
       
Di tempat terpisah H. Dahya Kepala Desa Ciparay menuturkan, "penataan pasar Desa Ciparay sangat alot yang melibatkan dari berbagai unsur dan elemen masyarakat diantaranya Muspika Kecamatan Ciparay dan Kesatuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bandung.
Hadi Adnan, Kepala Pasar Desa Ciparay
Mengingat pasar Ciparay selama ini dianggap memacetkan jalan raya karena banyaknya para pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan raya.

"Makanya saya beserta jajaran pemerintah Desa Ciparay yang melibatkan dua desa yakni Desa Sarimahi dan Sumbersari melakukan terobosan-terobosan penataan Pasar Ciparay dengan melakukan pembenahan pasar Desa Ciparay, terutama menempatkan para PKL untuk berjualan pada kios-kios yang sudah saya bangunkan, agar para PKL tersebut tidak lagi berjualan di bahu jalan yang mengganggu para pejalan Kaki Lima yang mengundang rawan kemacetan," ucapnya.

"Disamping itu saya melaksanakan program Pemerintah Kabupaten Bandung guna menegakan Perda terkait Zona larangan berjualan bagi para PKL."

"Saya berharap juga warga pasar Desa Ciparay tidak membuang limbah pasar atau sampah di sembarang tempat karena saya sudah sediakan tempat pembuangan sampah sementara di sebelah barat Pasar. Hal ini tentunya agar Pasar Ciparay tampak Asri dan tidak terkesan kumuh dimana nantinya para pengujung pasar merasa nyaman untuk berbelanja dilingkungan Pasar Desa Ciparay," pungkas H. Dahya mengahiri perbincangannya. (A.R)

No comments:

Post a Comment