MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 8, 2017

Jokowi Lantik Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Pelantikan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI di Istana Kepresidenan
Jakarta, Media Suara Nasional - Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo di Istana Kepresidenan, Jl. Medan Merdeka, Jakarta. Jumat (8/12) sore.

Prosesi pelantikan Hadi diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 83 TNI Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI oleh Sekretaris Militer Presiden.

1. "Memberhentikan dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo NRP 294242 dari jabatannya sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia disertai ucapan terima kasih atas pengabdian jasa-jasanya yang disumbangkan kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut."

2. "Mengangkat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP, NRP 509043 sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia."

3. "Keputusan Presiden Republik Indonesia ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum kedua Keputusan Presiden."

Dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat di pundak Hadi oleh Presiden Jokowi.

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kapolri Jenderal Titto Karnavian menjadi saksi penandatanganan berita acara. 

Prosesi diakhiri dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian pemberian selamat kepada Panglima TNI Marsekal Hadi yang diawali oleh Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana, dilanjutkan oleh Wapres Jusuf Kalla dan seterusnya para tamu undangan.

Hadi akan bertugas menggantikan Gatot yang akan memasuki masa pensiun pada April 2018 mendatang. Hadi adalah perwira tinggi dari Angkatan Udara yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara. 

Di masa tugasnya nanti, salah satu tantangan terberat Hadi adalah mengawal serangkaian agenda politik besar seperti pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan pemilihan presiden 2019.

Sejarah mencatat, Hadi merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari matra TNI Angkatan Udara setelah Marsekal (Purn) Djoko Suyanto tahun 2006-2007 silam.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, mantan Presiden RI kelima Megawati Soekarno Putri, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama istri, sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi, KSAD Jenderal Mulyono,  KSAL Laksamana Ade Supandi, Kapolri Jenderal Titto Karnavian, Wakapolri Komjen Syafruddin, para pimpinan DPR RI dan MPR RI serta para tamu undangan. (RS/DK)

No comments:

Post a Comment