MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, December 14, 2017

H. Oslan: Idealnya Satu Unit Mobil Perpustakaan untuk Satu Kecamatan

H. Oslan Khaerul, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya, Media Suara Nasional - Minat baca bagi warga Kota Tasikmalaya saat ini terbilang masih standar, artinya terbatas pada mereka kalangan pelajar dan mahasiswa saja. Untuk itu dalam upaya memenuhi dan meningkatkan minat baca secara menyeluruh di Kota Tasikmalaya, kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya saat ini secara frontal sedang melakukan sosialisasi minat baca bagi warga Kota Tasikmalaya.

Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tasikmalaya, H. Oslan Khaerul Falah, menyampaikan secara singkat gambaran yang dilakukanya untuk membuat situasi perpustakaan di Kota Tasik menjadi ramai.

"Kita akan membuat unit-unit kecil perpustakaan seperti di ruang tunggu dokter, di mall, di tempat-tempat ramai yang dikunjungi orang, seperti di taman kota dan lain-lain agar warga bisa sambil membaca buku-buku yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan," ujarnya.

Lanjut Oslan, saat ini pihaknya hanya mempunyai satu unit mobil perpustakaan, secara mobiling terbatas berada ditempat-tempat yang ramai dikunjungi orang untuk bisa menyediakan buku-buku perpustakaan dan memenuhi minat baca bagi mereka yang gemar membaca.

"Idealnya untuk memenuhi kebutuhan perpustakaan di Kota Tasikmalaya itu dibutuhkan satu unit mobil pepustakaan untuk satu kecamatan," imbuhnya.
 
Dari prosentase minat baca warga Kota Tasikmalaya saat ini masih didominasi oleh kalangan berpendidikan, seperti pelajar, mahasiswa dan mereka yang gemar membaca.

"Prosentasenya sekitar tujuh puluh persen (70%) dari kalangan pendidikan, baik mereka yang datang ke perpustaakan daerah atau membaca di mobil perpustakaan," ungkapnya.

Merujuk pada keadaan sekarang, Oslan berencana untuk mengadakan sosialisasi minat baca perpustakaan di seluruh kelurahan yang bertada di Kota Tasikmalaya dengan mengumpulkan para Lurah untuk mensosialisasikan membuka unit-unit perpustakaan di masing-masing kelurahannya.

"Harapanya kedepan kita bisa membuat unit pepustakaan disetiap sudut-sudut tempat yang ramai dikunjungi orang, menyediakan buku perpustaan untuk merangsang minat baca yang lebih besar, dan membuat warga Kota Tasikmalaya menjadi gemar membaca," tandasnya.
Jurnalist: Deniz Asdhans ***

No comments:

Post a Comment