MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 8, 2017

Saat Diperjalanan Pulang, Kedua Gajah Alami Kecelakaan

Gajah mengalami luka ringan
Kab. Tanggamus, Media Suara Nasional - Polsek Semaka Polres Tanggamus membantu evakuasi truk pengangkut Dua ekor gajah latih Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur mereka mengalami kecelakaan tunggal di turunan Leter S ruas Jalan Lintas Barat Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Tanggamus Selasa (5/12) pukul 19.37 WIB.

Truk pengangkut 2 gajah tersebut mengalami kecelakaan pada Selasa malam, dalam perjalanan menuju Lampung Timur untuk mengantarkan dua gajah latih itu pulang ke TNWK. Berry dan Indra sempat disiagakan di Lapangan Pekon Sedayu. Beruntung kedua gajah hanya mengalami luka ringan.

Untuk diketahui, Dua ekor gajah latih Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur bernama Berry dan Indra, didatangkan ke Semaka untuk menggiring kawanan gajah liar Talangbamban kembali ke wilayah hutan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan beberapa waktu lalu.

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Sopyan, SH mengatakan, truk pengangkut dua ekor gajah latih TNWK mengalami out control di Leter S Jalinbar Sedayu.

"Laporan sementara yang kami terima, kedua gajah TNWK saat ini kembali ke Lapangan Semaka. Tidak bisa melanjutkan perjalanan ke TNWK Lampung Timur. Karena pihak terkait masih mencari truk pengganti. Hanya luka ringan, dua gajah itu juga sudah ditangani dokter dari TNWK yang tiba di Semaka Rabu dini hari tadi," kata AKP Sopyan.

AKP Sopyan mengungkapkan, truk jenis Fuso itu mengalami out control, diduga karena topografi Leter S Jalinbar yang miring dan menurun curam, sementara beban angkutan truk yang sangat berat.

"Sehingga mungkin truk oleng saat menurun. Lalu truk out control dan akhirnya terguling. Untuk data dan identitas awak truk, masih belum saya terima sampai siang ini," kata Sopyan lagi.

Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono mendampingi Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si menjelaskan, truk pengangkut Berry dan Indra bernomor polisi BE 9293 AC. Kronologinya, Selasa pukul 19.35 WIB, truk Fuso melintasi Leter S Sedayu. Beruntung, meskipun terluka, Muji menegaskan, kedua gajah latih TNWK dalam kondisi baik-baik saja.

"Rabu dini hari tadi, sekitar pukul 04.00 WIB, dr. Dedi yang merupakan Dokter Hewan dari TNWK, sudah tiba di Lapangan Pekon Sedayu untuk memberikan perawatan medis pada Berry dan Indra. Setelah tadi malam truknya terguling, Berry dan Indra sampai sore ini diistirahatkan di Lapangan Pekon Sedayu pasca diobati. Sembari menunggu kendaraan pengganti," beber AKP Muji Harjono.

Kepala Taman Nasional Way Kambas Subakir menegaskan, kondisi dua ekor gajah latih bernama Berry dan Indra baik-baik saja. Namun Subakir mengakui dua hewan dilindungi itu sempat terluka setelah truk yang mengangkut terguling.

Saat dihubungi melalui ponselnya Rabu (6/12) siang, Subakir  menjelaskan, bahwa pemulangan Berry dan Indra ke TNWK terpaksa ditunda.

"Setelah berhasil dievakuasi Selasa malam, Berry dan Indra diistirahatkan di Lapangan Pekon Sedayu Mas. Sampai sore ini masih di sana bersama dua gajah latih lainnya. Totalnya gajah latih TNWK yang didatangkan ke Semaka itu sebenarnya empat ekor. Berry, Indra, dan dua gajah lainnya didatangkan ke Sedayu untuk mengatasi konflik gajah liar yang turun ke pemukiman warga wilayah Kecamatan Semaka beberapa waktu lalu," beber Subakir.

Selasa malam, lanjutnya, adalah giliran Berry dan Indra yang dipulangkan ke TNWK. Tetapi saat melintasi Jalinbar Pekon Sedayu, dirinya menerima laporan bahwa truk pengangkut Berry dan Indra terguling.

"Kami langsung bergerak secepat mungkin untuk mengevakuasi Berry dan Indra. Mereka luka ringan di bagian kulit. Pukul 03.00 WIB dini hari tadi, Dokter Hewan TNWK, dr. Dedi sudah tiba di Pekon Sedayu untuk mengobati Berry dan Indra. Sekarang mereka sedang diistirahatkan di Lapangan Sedayu sembari menunggu truk pengganti," tandasnya. (Azhimi/Nico)

No comments:

Post a Comment