MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, December 28, 2017

LSM Suara Timur Konsentrasi Terhadap Perkembangan Pemuda

Ketua Panitia DIKLAT Ke-V LSM-1 Didampingi Kesbangpol Kabupaten Bogor Menyerahkan Sertifikat Secara Simbolis.
Bogor Timur, Media Suara Nasional - Lembaga Swadaya Masyarakat Suara Timur yang lebih dikenal LSM-1 melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) ke-Lima yang dilaksanakan Sabtu - Minggu 23-24/12/2017 di salah satu Villa, Sukamakmur - Bogor.

DIKLAT tersebut dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta.

Kegiatan yang dimulai pada sabtu pagi (23/12) dan berakhir minggu siang (24/12) itu merupakan agenda tahunan LSM-1 selama 5 tahun terakhir. Dengan mengusung tema "Pemuda Yang Tangguh, Cerdas Dan Kreatif Adalah Harapan Bangsa" itu dihadiri oleh kurang lebih 83 orang peserta dari beberapa Kota dan Kabupaten. sebagaimana yang disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Jamaluddin Mansyur, SH.

"Kami rutin DIKLAT setiap tahunnya, karena disamping rekruitment anggota baru juga sebagai ajang silaturahmi para penggerak awal. peserta berasal dari 7 kecamatan di Bogor Timur, Bekasi Raya Dan Kota Depok yang semuanya adalah aktifis/paralegal dilokasi dan daerah masing-masing" ungkap Jamaluddin Mansyur, SH yang akrab di sapa ilonk.

Ilonk pun menuturkan anggaran kegiatan tersebut dari KAS Lembaga, swadaya anggota dan sumbangan donatur yang tidak mengikat.

Dengan menghadirkan 6 Pembicara termasuk Ketua Umum LSM-1 Alhafidz Rana kegiatan tersebut cukup diapresiasi oleh Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Bogor yang diwakili Oleh Sujana Azhari (Kepala Seksi Pembinaan Politik Dan Hubungan Antar Lembaga (BINPOLHAL)).

"Ratusan Ormas/LSM/Yayasan/Lembaga yang kegiatannya tidak jelas hanya menumpang nama tercatat di KESBANGPOL, harapan saya setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali Lembaga tersebut memberikan laporan kegiatan dikantor karena jika dalam satu tahun tidak ada kegiatan kami nyatakan itu dapat dihapus dari data KESBANGPOL Kabupaten Bogor" ungkap Sujana.

Sementara itu Ketua Umum LSM Suara Timur Alhafidz Rana menuturkan merasa bangga dapat hadir ditengah-tengah pengurus dan anggota baru.
Ketua Umum LSM-1 Alhafidz Rana Memberikan Materi Terkait Keorganisasian.
"Saya berharap para pengurus dan anggota baru jangan malas untuk berkoordinasi dengan para individu yang dapat memajukan organisasi, banyak instansi dan kepala pemerintahan yang mungkin lupa akan tupoksinya sehingga kita berfungsi untuk mengingatkan dan menjadi kontrol sosial kedepannya," ujarnya.

Pada session tanya jawab dalam kegiatan tersebut muncul permasalahan disekitar lingkungan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, hampir kesemuanya itu didasari oleh lemahnya advokasi dan minimnya wawasan dalam bersosial.
LSM-1 secara garis besar menginginkan cikal bakal anggota baru menjadi sarana pengaduan masyarakat lebih lanjut memfasilitasi permasalahan dan menjadi kepanjangan tangan pemerintah.

Kegiatan ini ditutup pada minggu siang dengan Live Music, Hiburan, Outbond, Makan bersama dan Doa.

Rep: Asp     |     Red: Jeff



No comments:

Post a Comment