MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, December 22, 2017

Desa Pakutandang Gelar Sosialisasi Faham Radikalisme dan Bahaya Narkoba

Muspika Kec. Ciparay dan Ketua BPD berpoto bersama dengan Deni Daryanto Kades Pakutandang
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Bertempat di Gedung Olahraga Desa Pakutandang, Rabu (20/12). Kepala Desa Pakutandang, Deni Daryanto bekerjasama dengan Muspika Kec. Ciparay yakni, Polsek, Koramil dan Satpol PP Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung menggelar acara sosialisasi Faham Radikalisme, bahaya Narkoba dan pemakaian obat-obat terlarang.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh warga Desa Pakutandang meliputi Karang Taruna, tokoh masyarakat, BPD, LPMD, Linmas, anggota Satpol PP dan seluruh jajaran Staf Desa Pakutandang serta dari berbagai unsur lainnya.
 
Narasumber Sosialisasi faham Radikalisme, Kapolsek Ciparay AKP Heri Suryadi, SH, memaparkan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian dari Kades Pakutandang untuk memberikan pemahaman terkait bahaya dari Radikalisme dan penggunaan obat-obat terlarang serta Bahaya Narkoba terhadap warganya.
 
Adapun ciri-ciri paham Radikalisme menurut Heri, "yaitu seringkali mengklaim kebenaran serta memposisikan seolah-olah utusan Nabi dengan ajaran-ajaran yang menyesatkan dimana cenderung mempersulit ajaran agama serta mudah mengkafirkan orang lain, cenderung kasar dalam berinteraksi, keras dalam bicara dan emosional," jelasnya.

Masih menurut Heri, sifat-sifat orang yang dimasuki faham Radikalisme yakni meninggalkan sekolah atau bangku kuliah, pekerjaan dan keluarganya guna aktif dalam kelompoknya, kemudian cenderung tertutup dan tertekan jiwanya, manipulatif serta minim empati dan menganggap orang atau kelompok luar adalah sesat dimana harta dan darahnya dianggap halal, tentunya juga menghalalkan segala cara dalam menunjukan program atau keinginan, dimana Disharmonisasi hubungan dengan keluarga,teman maupun lingkungan sekitar.

Selanjutnya bilamana menemukan orang-orang seperti itu Heri berharap warga untuk segera melaporkan ke pihak-pihak yang berwajib baik itu TNI maupun POLRI.

Begitupun dengan Kapten ARM Shokibi, Komandan Rayon Militer (Koramil) 0609 Ciparay memberikan arahan agar masyarakat bersatu padu dengan TNI dan POLRI memberantas Faham Radikalisme dan peredaran bahaya Narkoba dan obat-obatan terlarang serta Minuman Keras (Miras) karena akan merusak Generasi Anak Bangsa.

Dilain pihak Kepala Desa Pakutandang, Deni Daryanto dalam sambutan acara tersebut mengatakan, "kami atas nama Kepala Desa dan pemerintahan Desa Pakutandang menekankan warga bisa menjauhi dari faham-faham Radikalisme dan bahaya pemakaian Narkoba yang akan merusak generasi muda, untuk itu marilah kita memahami akan bahaya tersebut dalam acara sosialisasi Faham Radikalisme yang kami selenggarakan," pungkas Deni Daryanto.  (A.R)

No comments:

Post a Comment