MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, September 2, 2018

Satgas Sektor 21 Citarum Tutup Lubang Saluran Air Limbah PT Long Sun

CIMAHI,Media Suara Nasional - Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Inf Yusep Sudrajat bersama anggotanya lakukan pengecekan ulang pada  IPAL pabrik tekstil PT Long Sun Indonesia Jl. Nanjung No.108, Jelegong, Kutawaringin, Cimahi Jawa Barat, Sabtu (1/9).

Sepekan sebelumnya Dansektor 21 melakukan pengecekan  di pabrik tekstil PT Long Sun. Berdasarkan pengecekan output air limbah, hasilnya masih kurang memenuhi standar. Dansektor 21 memberikan tenggat waktu hingga 7 hari kedepan agar warnanya jernih sesuai yang diharapkan.

Pada pengecekan ulang ini, Dansektor 21 memutuskan untuk menutup lubang pembuangan limbah pabrik tersebut lantaran dalam jangka waktu yang ditentukan tak mampu menunjukkan pembenahan pada IPAL nya. Terbukti, dua dari tiga clarifier yang ada di IPAL tak berfungsi.
"Setelah dilakukan pengecekan ulang hari ini, rupanya masih ditemukan alat pengolahan limbah yang tak bisa beroperasi normal seperti seharusnya, dua alat tak berfungsi seperti semestinya. Dan yang lebih mengherankan, mereka ngakunya tidak beroperasi sejak kamis tapi setelah dicek mereka keluarkan hasil limbah bersih, itu limbah bersih yang dibuang hasil pengolahan darimana, sementara dua alat tidak berfungsi," ungkapnya. 

Erna Rosmalia selaku personalia PT Long Sun, menuturkan,  saat ini kita sedang berbenah untuk limbah lumpur, Carry over. "untuk kebeningan hasil olahan limbah kita sudah dapat. Tetapi kemaren kita telat blow down hingga lumpurnya terbawa dan pasti ada warna, hingga ikan pun pasti tidak akan bisa hidup. 

"Ini akan menjadi koreksi buat managemen, limbah akan kita olah dengan baik. Sy akan bicarakan dengan pimpinan", Imbuh Erna. (Elly)

No comments:

Post a Comment