MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, November 15, 2016

Proyek PU Cipta Karya Sidoarjo Layak Dipertanyakan



Sidoarjo, Swaranasionalpos.com - Banjir melumpuhkan aktifitas warga dan pengawai kantor pada September 2016. Kabupaten Sidoarjo dilanda banjir membuat semua aktivitas lumpuh termasuk sekolah. 

Agar jangan terulang lagi Pemerintah mencari solusi dengan perbaikan dan penbagunan irigasi dan tanggul,
Pemerintah Kab. Sidoarjo memberikan perhatian khusus dalam masalah banjir. 

Beberapa proyek saluran air dan rehabilitasi oleh Pekerjaan Umum Pengairan Sidoarjo dialokasikan termasuk PU Cipta Karya juga ikut serta dalam penanggulangan bahaya banjir.

Proyek dari APBD Kab. Sidoarjo tahun 2016, salah satu titik yang dikerjakan PU Cipta Karya Sidoarjo, berlokasi di Kecamatan Porong tepatnya di Kelurahan Juwet Kenongo dengan besar anggaran Rp. 400 Juta, nilai HPS. Rp. 399.900.000, dengan sistim kontraktual.

Penelurusan SNP di lapangan, proyek tersebut tidak transparan dimana persis lokasi proyek, tidak adanya papan proyek sebagai informasi bagi masyarakat anggara dari mana APBN atau APBD.

Sugito, warga Kelurahan Juwet Kenongo mengatakan kepada SNP, “Tidak tahu pak anggaran yang dipakai untuk pembangunan drainase dan Plengsengan ini, papan proyeknya tidak ada di lokasi. Jangan-jangan dana desa atau dari malah”. Ujar Sugito.

Ditempat terpisah, Torang Simorangkir. Ketua LSM Suara Pemuda Indonesia (SPI) Perwakilan Jawa Timur, menuturkan pada SNP, masyarakat perlu tahu sumber anggaran suatu proyek dana proyek bersumber dari pajak masyarakat. "Berapa nilai proyek dan siapa pelaksana  proyek tersebut?”. Ujarnya, Saat ini kita perlu transparansi agar sesuai dengan Keppres 54. Tahun 2010. 

Ketika SNP mau konfirmasi ke PU Cipta Karya dan Permukiman Sidoarjo, sampai berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi, baik Kepala Dinas maupun Kepala Bidang selaku penyedia Jasa. Bahkan surat konfirmasi yang dikirimkan Koran ini belum ada jawaban. * HARI.

No comments:

Post a Comment