MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, November 15, 2016

Passel Dapat Rekor Muri, Randang Lokan Muara Sakai Terlezat di Dunia



Bupati Hendrajoni Menerima Piagam Rekor Muri
Passel (Sumbar), Swaranasionalpos.com - Festival Olahan Pangan Lokal serba lokan Kabupaten Pesisir Selatan, mengukir sebuah sejarah untuk pertama kali di laksanakan menu pangan lokan terbanyak di dunia, dan mampu menciptakan beraneka ragam menu kuliner olahan jenis lokan, ada 30 jenis olahan, 6 sajian diantaranya, randang lokan pakis, kalio lokan bajariang, dll, merupakan menu terlezat di dunia. Sehingga berhasil mendapat rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Rabu (09/11) di Pantai Carocok Painan. 

Awang Sriharjo, selaku Manager Rekor Muri mengatakan, pangan lokan yang menghasilkan cita rasa dari satu jenis mampu menciptakan 500 rasa olahan oleh kaum bundo Kandung kab. Pessel.

“Pemberian Rekor Muri ini sudah memasuki kriteria super dengan menu terbanyak. Namun, sejatinya bukanlah karena jum­lahnya saja, akan tetapi Pessel memang pantas mendapatkan penghargaan ini, apalagi ini adalah yang pertama di laksanakan di belahan bumi dengan menyajikan 1092 pangan lokan dan non lokan, Semoga ke depannya Pessel tetap berjaya dan semakin dikenal oleh wisata­wan hingga mancanegara,” terang­nya, Rabu (9/11).

Bahkan MURI memberikan dua penghargaan terhadap Rekor dunia sajian lokan dengan jenis terbanyak, kepada Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Kab. Pesisir Selatan dan Pada Ibu Ketua TP.PKK Pesisir Selatan Ny.Lisda Hendrajoni.

Ny. Lisda Hendrajoni mengatakan, kita patut bersyukur dan bangga atas penghargaan ini, saya kaget juga ternyata kita dapat rekor dunia.

Ratusan Dulang Pantai Cerocok Painan Sumbar
Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama kami TP.PKK dengan Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Pesisir Selatan, adapun yang kita tampilkan 500 jenis olahan dan masing-masing nagari menampilkan 6 sajian sehingga terhidang menu sebanyak 1092 piring,” ujar Lisda.

Terkait dengan penghargaan Rekor Dunia ini Bupati Hendrajoni, saya ucapakan terimakasih dan apresiasi kepada pihak yang terlibat atas terselenggara acara ini. Dengan adanya Rekor Muri ini, maka daerah kita akan semakin terkenal dengan menu khas lokannya. Kita berharap budi­daya lokan ini selalu terjaga dengan baik hingga ke depannya.

“Ini penghargaan dan keberhasilan kita bersama masyarakat Pesisir Selatan, kepada peserta yang mengikuti lomba menu olahan pangan lokan dan non lokan dapat memberikan dan menyajikan hasil yang terbaik, “harap Hendrajoni. *Mk

No comments:

Post a Comment