MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, November 15, 2016

Bupati Sukabumi: Penanganan Pasien Jangan Tebang Pilih



Kab. Sukabumi, Swaranasionalpos.com - UPTD Puskesmas Simpenan meraih penghargaan juara pertama Puskesmas dengan progres terbaik se-Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penghargaan berupa running text piala bergilir dan piagam diserahkan langsung Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 tahun 2016 tingkat Kabupaten Sukabumi di GOR Palabuhanratu, Sabtu (12/11/2016).

Kepala UPTD Puskesmas Simpenan, Hendra Priatna mengatakan, penghargaan yang diraihnya akan dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja para pegawai Puskesmas Simpenan kearah lebih baik ke depannya.

"Alhamdulillah penghargaan yang kami terima ini berkat kerja keras seluruh pegawai Puskesmas yang bekerja sepenuh hati. Sebenarnya, penghargaan bukan target kami. Target utamanya adalah bagaimana para pegawai di sini mampu bekerja maksimal melayani masyarakat dengan ikhlas," ungkap Hendra kepada  wartawan seusai menerima penghargaan di GOR Palabuhanratu.

Selain menerima penghargaan running text piala bergilir dan piagam, Puskesmas Simpenan juga meraih juara kedua penilaian dan pemeringkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik kelompok UPTD Puskesmas tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2016. 

Sedangkan peringkat pertama diraih Puskesmas Nagrak, disusul ditempat ketiga hingga keenam yakni Puskesmas Cisaat, Palabuhanratu, Kalapanunggal, dan Sagaranten.

Ke depan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan terus kami pacu. Penghargaan itu bagi saya adalah perangsang untuk meningkatkan kinerja pegawai, jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Didi Supardi mengklaim penilaian dan pemeringkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik kelompok Puskesmas dan penilaian Puskesmas dengan progres terbaik merupakan gagasan di internalnya. 

Namun untuk menjaga netralitas, kata Didi, penilaian dan pemeringkatan tersebut diserahkan kepada sekretariat daerah.

“Dinas menurunkan tim independen untuk memantau penilaian perkembangan tiap Puskesmas di 7 wilayah. Hasilnya, Puskesmas Simpenan meraih prestasi itu," tandasnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami setelah menyerahkan piala penghargaan berpesan agar setiap Puskesmas senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Pacu terus kinerja seluruh pegawai Puskesmas. Kita jangan terpaku pada penghargaan, karena memang peningkatan kinerja itu tugas masing-masing abdi negara sebagai pelayanan kesehatan," tukasnya.

Marwan menekankan agar seluruh pegawai kesehatan di Puskesmas tidak tebang pilih dalam menangani pasien yang sedang membutuhkan pelayanan.

"Saya berharap pegawai kesehatan tidak boleh pilih-pilih pasien. Semuanya punya hak mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Ini berlaku bukan hanya untuk  Puskesmas saja, rumah sakit juga harus sama," pungkasnya. NS

No comments:

Post a Comment