MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, November 15, 2016

Inovasi Layanan SKCK Keliling Jangkau Pemohon di Pelosok Desa



Kab. Sukabumi, Swaranasionalpos.com - Mobil layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keliling Polres Sukabumi resmi dioperasikan hari ini, Rabu (9/11/2016). Inovasi layanan SKCK keliling ini diklaim untuk memudahkan bagi pemohon di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Ini untuk memudahkan, jadi pemohon tidak perlu datang ke Polres untuk membuat SKCK. Inovasi mobile ini kita beri nama SKCK Saba Desa dan Go To School," kata Kapolres Sukabumi, AKBP Mokhamad Ngajib, seusai peluncuran SKCK keliling, di halaman Mako Polres di Palabuhanratu, Rabu (9/11/2016).

Kasat Intelkam Polres Sukabumi, AKP Dadan Sudirman mengatakan, secara berkala, layanan dalam bentuk minibus ini akan berkeliling ke sejumlah desa dan sekolah-sekolah. Namun untuk sementara waktu layanan SKCK keliling akan menggunakan sistem kolektif, karena mobil layanan masih terbatas.

"Kami baru menyediakan satu unit mobil minibus layanan SKCK keliling. Jadi, apabila pemohon ada yang membutuhkan layanan kami bisa menghubungi nomor hotline di 0858 7118 2008 atau langsung ke bagian Satuan Intelkam Mako Polres untuk meminta layanan SKCK kelilingi," ucapnya.

Minibus ini, ujar Dadan, bisa melayani untuk perpanjangan dan pembuatan SKCK baru. Sementara biaya administrasi tetap Rp10.000. "Prosesnya juga singkat, kalau persyaratan lengkap hanya 10 menit," cetusnya.

Menurut Dadan, inovasi dinilai perlu untuk terus meningkatkan layanan publik. Apalagi, program layanan SKCK Saba Desa dan Go To School sebagai upaya melaksanakan program prioritas Kapolri. "Intinya memudahkan layanan publik, terutama yang ada di desa-desa dan sekolah-sekolah. Kami juga sudah bekerja sama dengan APDESI dan sekolah. Jika membutuhkan layanan SKCK, kami akan datang sesuai permintaan masyarakat dengan sistem kolektif," ungkapnya.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendri, mendukung peluncuran program SKCK Saba Desa dan Go To School dalam memudahkan layanan ke masyarakat. "Kita ketahui bahwa Kabupaten Sukabumi itu cukup luas. Inovasi SKCK keliling dapat menjawab layanan mudah dan terjangkau bagi masyarakat yang berada di pelosok desa," jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini berharap layanan mobile yang diluncurkan Polres Sukabumi dapat ditiru oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan layanan mudah dan menjangkau masyarakat di pelosok. "Instansi yang terkoneksi dengan layanan SKCK keliling adalah BPMPD dan Dinas Pendidikan. Di sini dibutuhkan sinergitas antara Pemkab dengan Polres agar layanan SKCK mobile ini lebih sukses," pungkasnya. NS


No comments:

Post a Comment