MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, November 15, 2016

12 Warga Tak Mampu di Kecamatan Surade Terima Dana RTLH


Camat Surade Tri Romadhona menyerahkan bantuan dana hibah bedah rumah

Kab. Sukabumi, Swaranasionalpos.com - Sedikitnya 12 warga tak mampu di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tercatat sebagai penerima manfaat program rumah tidak layak huni (RTLH) pada tahun ini. Penyerahan bantuan dana hibah untuk bedah rumah tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Surade, Rabu (9/11/2016).

Camat Surade, Tri Romadhona menerangkan, sumber dana untuk RTLH bagi warga tak mampu ini berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. "Dananya sebesar Rp 4 juta rupiah per penerima manfaat. Untuk tahun ini jumlahnya ada penurunan". 

Sekarang kuota di kecamatan kita hanya 12 warga, dengan sistem pembagian jatahnya diacak setiap desa atau kelurahan satu orang penerima manfaat terangnya seusai menyerahkan bantuan dana hibah secara simbolis kepada warga di Aula Kantor Kecamatan Surade.

Menurut Tri, penurunan jumlah penerima manfaat dana RTLH dikarenakan dampak dari pemangkasan anggaran secara keseluruhan. 

Dibanding tahun lalu, kuota setiap desa atau kelurahan mencapai dua orang penerima manfaat. "Tapi kita harus apresiasi, karena pemerintah sudah punya upaya dalam pengentasan kemiskinan, salah satunya memberikan dana RTLH untuk warga tak mampu," katanya.

Tri menegaskan, bantuan dana ini harus tepat sasaran dan di terima utuh oleh penerima manfaat. Diimbau perangkat desa dan ketua RT, RW dilarang melakukan pemotongan dana itu sepeserpun. 

"Kita akan melakukan pengawasan, sehingga dananya dimanfaatkan sesuai peruntukannya. Karena laporan pertanggungjawabannya pun harus tepat waktu. Mengenai teknis pelaksanaannya melibatkan perangkat desa dan masyarakat sekitarnya dengan cara gotong royong," ungkapnya.

Ia menuturkan, setiap penerima manfaat diwajibkan memiliki kartu jaminan kesehatan seperti Jamkesda, BPJS, dan KIS. 

Hal tersebut merupakan sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sukabumi, khususnya Kecamatan Surade. "Jadi, di sini seiring sejalan.Di mana mereka yang menerima manfaat dana bantuan RTLH harus punya kartu jaminan kesehatan. Keinginan pemerintah yaitu bagaimana kemiskinan di kita bisa dientaskan dengan program ini," pungkasnya. NS

No comments:

Post a Comment