MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, May 12, 2018

DPRD Banggai Gelar Rapat Kordinasi Wilayah Bersama ADKASI


Banggai,Media Suara Nasional-Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) mendukung perjuangan pemekaran Daerah otonomi Baru (DOB) Sulawesi Timur (Sultim) dengan merekomendasikan pencabutan atas moratorium DOB oleh pemerintah pusat.

Ditengah redupnya perjuangan Sultim, dukungan dari ADKASI tentunya menjadi pelita untuk masyarakat dan pejuang dari Sultim di beberapa Kabupaten khususnya Kabupaten Banggai itu sendiri.

Ketua dewan pimpinan ADKASI, Lukman Said mengatakan akan segera mengeluarkan rekomendasi untuk pencabutan moratorium pembentukan DOB.

“ADKASI akan segera mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden RI, untuk mencabut Moratorium pembentukan DOB, agar tidak menghambat  terbentuknya Provinsi Sulawesi Timur ”.

Lukman Said juga menyatakan, meilhat kondisi dan letak geografis, Sultim layak untuk mekar, apalagi telah ditopang oleh enam Kabupaten yang telah bergabung (Kabupaten Banggai,Banggai Laut,Banggai Kepulauan, Tojo Unan-una, Morowali dan Morowali Utara),dan  memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Selain itu, Lukman yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Pasang Kayu menjelaskan bahwa lembaga ADKASI yang di nakhodainya, bertujuan untuk mewujudkan DPRD Kabupaten yang efektif dalam mendorong tata pemerintahan yang baik menuju pembangunan yang berkelanjutan dalam kerangka otonomi daerah dan demokrasi.( mery)