MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, May 9, 2018

PERSIAPAN TOLITOLI MERAIH ADIPURA


Tolitoli,Media Suara Nasional-Bupati Tolitoli yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. H. Mukaddis Syamsuddin M.Si membuka Rapat Koordinasi Tim Kelompok Kerja (Pokja) Persiapan Penilaian Kota/ Adipura Kabupaten Tolitoli Tahun 2018 di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati (Rabu 9/5).

Rapat tersebut turut dihadiri Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Organisasi Perangkat Daerah terkait serta sejumlah pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Tolitoli. 
Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. H. Mukaddis Syamsuddin. M.Si mengatakan Adipura adalah bentuk penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan perkotaan. Tujuan penghargaan Adipura adalah untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tolitoli dalam menciptakan kota yang bersih dan teduh sehingga kota yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan akan terwujud. 

Bupati mengharapkan agar terbangun kesepahaman dan sinergitas dalam merumuskan langkah dan tindakan nyata sehingga Daerah kita mampu meraih piala Adipura. Bupati juga mengajak kepada seluruh peserta rapat untuk fokus memberikan perhatian terhadap titik lokasi yang menjadi penilaian sehingga dapat segera dibenahi bersama-sama. 

Sementara itu,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli Ir. Idham Muhammad Amin, dalam laporannya memaparkan bahwa program Adipura merupakan program Kerja Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mewujudkan wilayah yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Pemantauan program Adipura adalah pemantauan terhadap capaian kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pengelolaan lingkungan wilayah Kabupaten dan Kota selama periode pemantauan. Sedangkan periode pemantauan adalah rentang waktu pemantauan  program Adipura yang dimulai dari bulan Juni tahun berjalan sampai dengan bulan Juni tahun berikutnya atau disingkat pemantauan P1 dan P2. 

Selain itu, Ir. Idham juga menyampaikan, penilaian dilakukan terhadap capaian kinerja pemerintah Daerah dan sistem manajemen pemerintah Daerah. Adapun bobot penilaian sarana dan prasarana perkotaan terdiri dari sampah dan gulma area penilaian, sedimen pada drainase, sebaran pohon peneduh pada ruang terbuka hijau, tempat pembuangan sementara, pemilahan dan pengolahan sampah, penataan bangunan fisik, kebersihan WC, penghijauan, pengelolaan air limbah domestik, pencatatan sampah, saluran dan pengolahan lindi, prasarana pembuangan dan pemrosesan akhir sampah.( ASRIATI/Mery )

No comments:

Post a Comment