MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, May 16, 2018

Warga dan Pemuda SPM Sambut Ramadan Gelar Pawai Obor Beserta Arak-arakan Musik Rebana


Indramayu Media Suara Nasional-Masyarakat Sliyeg Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu Jawa Barat Sangat Antusias Menyambut datangnya Bulan Rhamadan 1439 H Dengan Mengadakan Tradisi Pawai obor Tradisi pawai obor tersebut sebagai simbol semangat bersatu Umat dalam menghadapi bulan yang penuh dengan kebaikan. Biasanya tradisi ini diikuti ratusan bahkan ribuan warga baik tua, muda, laki-laki, dan perempuan berkumpul dan berkeliling Desa membawa obor.(15/05/2018)

Kegiatan ini dipelopori Karang Taruna dan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Rahmatul Umat Bekerja sama Dengan Pemerintah Desa Setempat.

Selain diikuti Masyarakat dan para remaja yang turut meramaikan pawai, tampak terlihat juga Para orang tua Peserta Arak Obor ikut serta dalam barisan pawai obor tersebut."Tak hanya itu, pawai obor juga dilakukan warga masyarakat Desa lainnya di Kabupaten Indramayu .

Dikatakan Kepala Desa Sliyeg Warsito SE, setiap mendekati Bulan Ramadan masyarakat Desa Sliyeg Kecamatan Sliyeg selalu mengadakan kegiatan tersebut, dan sudah menjadi tradisi Tahunan dalam menyambut bulan puasa.

“Ini merupakan bentuk rasa gembiranya Masyarakat Desa kami dalam menyambut bulan suci yang dinanti-nanti umat Islam ini, dan setiap awal Ramadan selalu kita gelar,” ujarnya.Di samping pawai obor, lanjut Warsito dalam arak-arakan juga diiringi dengan tabuhan musik Rebana serta alunan musik yang diangkut memakai gerobak yang dihias sedemikian rupa hingga tampak unik.

“Saking gembiranya menyambut Bulan Suci yang penuh berkah yang akan tiba dalam hitungan hari nanti, kami sengaja lakukan kegiatan keliling kampung dengan pawai obor serta melantunkan musik Islami. Harapannya masyarakat Desa kami juga ikut senang dan semangat Dalam menyambut Bulan Suci Ramadan yang penuh berkah ini,” Jelasnya (Sai)