MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, May 26, 2018

Kades Mekarlaksana Realisasikan Infastruktur Program Dana Desa kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2018


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Program Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat  tahun anggaran 2018 melalui peraturan menteri  Kemendesa nomor 19 tahun 2017 yakni 30 persen dari padat karyakan dan masyarakat harus terlibat dalam pembangunan.

Untuk itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  kabupaten Bandung,Drs H. Tata Irawan Subandi menegaskan," pada tahun 2018 semua Dana Desa akan di fokuskan kepada padat karya dengan 30 persen dari kegiatam fisik yang benar-benar bermanpaat bagi masyarakat desa,"tegasnya saat di hubungi MSN melalui telepon seluler.

Salah satu contoh padat karya,ujar Drs H Tata adalah proyek insprastruktur dan pengerjaannya harus secara Swakelola dan pekerja proyek harus di serap dari warga setempat( padat karya),"ucapnya menegaskan.

Kepala Desa Mekarlaksana,Sopandi saat di wawancara MSN terkait proyek Dana Desa di wilayah kerjanya mengatakan,"Alhamdulilah Dana Desa kami sudah terapkan melalui inspratuktur jalan desa dengan anggaran 200 juta sepanjang 300 meter dan lebar 3 meter yang dikerjakan secara Swakelola melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Mekarlaksana.

Semoga dengan di perbaiki  jalan desa secara rambat beton,warga kami bisa memanpaatkannya untuk sarana penunjang hasil perekonomian dengan fasilitas jalan yang baik dan terawat sehingga interaksi warga kami dengan masyarakat luar desa bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan lancar guna memudahkan menjual hasil pertaniannya serta meningkatkan kesejahtraan warga kami dengan sarana prasarana inftastruktur jalan deda yang sudah di perbaiki,"jelas Sopandi.

Jalan Desa ini juga menghubungkan ke Desa Sagaracipta kecamatan Ciparay.dan untuk sementara jalan ini tinggal 450 meter lagi yang belum diperbaiki,kemudian untuk PR kami di Desa Mekarlaksana terkait perbaikan jalan yang belum di perbaiki tinggal 8 kilo lagi,Insyaallah kedepannya jalan-jalan tersebut akan segera diperbaiki sesuai dengan anggaran yang kami ajukan "tegasnya.

Harapan kami selaku kepala Desa Mekarlaksana ada bantuan lagi dari pemerintah selain dana Desa untuk menyelesaikan pembangunan perbaikan jalan di desa kami,seperti bantuan adpirasi Dewan dan bantuan-bantuan yang lainnya sehingga kami bisa menjalankan amanah warga Desa Mekarlaksana yang diberikan kepada Saya."tambahnya.

Masih ditempat yang sama Aceng warga Mekarlaksana mengatakan,"Dengan dibangun dan diperbaiki jalan desa di kampung kami,sangat membantu dalam upaya peningkatan roda pembangunan dan mempermudah akses sarana transportasi jalan sehingga saat ini warga bisa menikmati jalan yang sudah diperbaiki ini untuk kepentingan dan kegiatan yang sipatnya mencari sumber hidup bagi masing-masing keluarganya.

Perlu diketahui juga bahwa jalan di kampung kami baru kali ini diperbaiki semenjak kepemimpinan kepala Desa Sopandi,untuk itu kami selaku warga desa Mekarlaksan mengucapkan terimakasih kepada kepala Desa Sopandi yang telah mendorong dan membantu serta melaksanakan amanah warga terkait roda pembangunan dan perbaikan Insfrastruktur sarana jalan di kampung kami,"ucap Aceng  (Bang Arbim)


No comments:

Post a Comment