MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, May 15, 2018

Gubernur Jabar," Kabupaten Bandung Pemasok Padi Unggulan Terbesar Di Indonesia


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan bekerjasama dengan Dirjen Kementerian Pertanian lakukan kegiatan penanaman Padi, Senin ( 14/5) di areal pesawahan kampung Oceng jalan Sapan desa Ciparay kecamatan Ciparay kabupaten Bandung propinsi Jawa Barat,tentunya kegiatan ini guna meningkatkan program Swasembada pangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bandung, H. Dadang Naser SH,Aster Kodam III Siliwangi,Dandim 0906 Cimahi,para Kepala Dinas Pertanian Se-Jawa Barat,para Kepala Dinas/OPD se-kab Bandung dan Para Kepala Desa se-kec Ciparay.

Dijelaskan Gubernur Jawa Barat,Achmad Heryawan,bahwa Program gerakan tanam padi ini perlu adanya dukungan dari para stockholder yang ada di Jawa Barat, agar setiap petak sawah tidak menjadi alih fungsi, menjadi perumahan dan pabrik- pabrik. 

Maka dengan demikian guna tidak ada alih pungsi maka  harus dipertahankan jalan yang menuju ke sawah-sawah jangan diperbaiki permanen dan jangan ada aliran listrik,karena kalau sudah ada sarana prasarana yang baik, melintasi pesawah maka area sawah akan beralih pungsi jadi guna menambah sumbangsih pemasok padi Nasional diharapkan jangan mencetak area sawah baru akan tetapi harus ada dan perbaikan saluran irigasi serta sarana yang lainnya”Jelas Aher.

Disebutkannya juga,luas lahan pertanian di Jabar wilayah utara adalah 80 persen,dengan Indek pangan adalah 1,8  persen,sedangkan di wilayah selatan luas lahan pertanian 20 persen namun indek pangan diwilayah selatan 2,8 persen pertahun. Masih menurut Aher,guna jumlah hasil pertanian yang meningkat yaitu harus ada dan tersedianya irigasi,baik itu jaringan primer,sekunder dan tersier.Diharapkan juga kawasan pertanian Ciparay harus jadi kawasan Mina padi,"tegasnya.

Masih ditempat yang sama Bupati Bandung Dadang Naser mengatakan,”Daerah pertanian di kecamatan Ciparay merupakan lahan abadi dimana kabupaten Bandung juga merupakan penghasil dan pemasok padi di Jawa Barat serta surplus pangan yang menunjang produksi pangan Jawa Barat,"ungkapnya.

Sementara Hendi Jatika,Kadis Holtitultura Jabar menjelaskan saat di wawancara MSN,"Bahwa tujuan di adakannya kegiatan ini untuk melaksanakan percepatan masa tanam pohon padi periode April 2018 untuk seluruh Jawa Barat serta koordinasi dengan seluruh Stakeholder terkait yang mendukung program Swasembada Pangan se-Jawa Barat,"pungkasnya. ( Bang Arbim)