MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, May 12, 2018

Surga Tersembunyi TOGEAN...!!


Touna,Media Suara Nasional-Wilayah Indonesia Timur menyimpan banyak sekali wisata bahari yang indah dan wajib dikunjungi. Salah satunya, surga tersembunyi bernama Kepulauan Togean. Secara administrasi, Kepulauan Togean masuk dalam Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean menawarkan panorama alam yang luar biasa indah.


Belum lagi kehidupan bawah lautnya yang memukau. Asal tahu saja, perairan di sekitar Kepulauan Togean sangat bersih dan jernih. Ditambah dengan pasir putih yang lembut. Siapa pun yang datang, dijamin betah deh.

Tak heran jika Kepulauan Togean menjadi tujuan utama para diver mancanegara. Aroma petualangan alam bawah laut di jantung Pulau Sulawesi adalah tantangan baru bagi para diver.

Pulau Togean mempunyai eksotisme panorama alam yang tidak akan bisa dibantah siapapun. Keunggulan nuansa laut dan pantainya, masih dilengkapi dengan sejumlah goa di pulau-pulau kecil.

Tapi, itu pun belum cukup untuk menikmati Pulau Togean. Masih ada air terjun tersembunyi yang tidak boleh dilewatkan


Kepulauan Togean ini masuk dalam bagian penting dari segitiga terumbu karang (coral triangle) dunia. Yakni Filipina, Papua Nugini, dan Sulawesi.

Poin pentingnya ialah, kawasan coral triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut dunia. Serta termasuk kawasan konservasi paling utama. Atau, berada di bawah naungan langsung WWF (World Wide Fund for Nature).

Togean tercatat memiliki empat tipe terumbu karang. Yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef).

Berbagai terumbu karang indah beraneka warna itu, dapat ditemukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 family, tersebar di kepulauan ini. 7 Spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean. Semua karang tersebut menjadi rumah bagi ratusan spesies ikan di Kepulauan Togean.

Nah, inilah kehebatan Pulau Togean. Kita tidak perlu susah-susah menyelam untuk menikmati karang-karang itu. Dari tepian pantai, terumbu karang yang indah itu bisa dilihat. Jernihnya air yang bak kristal, sangat mendukung hal itu.

Bahkan, terumbu-terumbu karang itu bisa dilihat di bawah rumah penduduk Togean. Keren kan.

Kepulauan Togean bisa dijangkau dengan kapal cepat dari Kota Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una. Jarak tempuhnya selama dua jam. Sedangkan Ampana bisa dijangkau dengan penerbangan langsung selama 30 menit dari Bandara Mutiara Sis Aldjufri Kota Palu, Sulawesi Tengah.


Untuk penginapan traveler tidak perlu khawatir. Banyak penginapan di Togean. Harganya pun dijamin murah. Harga sewa kamar mulai dari Rp200.000 sampai Rp500.000 per kamar.So.. buruan deh ungkap dan nikmati surga tersembunyi ini.( mery )