MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, August 8, 2018

Inovasi Desa Mandalahaji Tingkatkan Program Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Inovatif


Kab Bandung,Media Suara Nasional-Program Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Maksudnya untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa (selanjutnya disebut UU Desa), memberikan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa, di samping meningkatkan kapasitas finansial Desa melalui, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Lewat kewenangan dan anggaran, desa meningkat kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
 
Mengacu kepada hal tersebut,H.Kusno  kepala Desa Mandalahaji kecamatan Pacet kabupaten Bandung Rabu(8/8) ,menjelaskan,"untuk program dana desa telah direalisasikan pengerjaan  peningkatan perbaikan Inprastruktur jalan desa secara Swakelola padat karya yang melibatkan masyarakat desa Mandalahaji dan pembangunan Kantor Posyandu,"ungkapnya.

Masih menurut H.Kusno ,bahwa dengan luas desa mandalahaji sekitar 445 Hektar meliputi 4 kepala dusun terdiri dari 21 Rw,kami terus membangun sejak awal keberangkatan menjadi kepala desa Mandalahaji.

Untuk tahun sekarang semua jalan desa dari 4 dusun kami perbaiki mengunakan dana desa sekaligus memberdayakan masyarakat,namun demikian masih ada yang belum kami perbaiki,mudah'mudahan tahun ini Inprastruktur jalan bisa selesai,"ucapnya

Alhamdulilah berkat bantuan dari pemerintah pusat,kami dapat membangun desa kami guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,tentunya juga kami akan terus memberdayakan Bumdes Desa guna penyeimbangan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat,"tegasnya



Masih ditempat yang sama Jajang selaku RW 10,menjelaskan," bahwa desa Mandalahaji sekarang sudah banyak perubahan terutama dalam peningkatan kualitas Inprastruktur jalan,dimana sekarang warga  desa Mandalahaji maupun warga luar bisa menikmati jalan yang   bagus tidak berlubang dan bergelombang,sehingga tingkat perekonomian bisa berjalan lancar,terutama dalam menjual hasil panen pertanian bisa cepat di jajakan ke kota secara cepat karena sarana jalan desa sudah diperbaiki.," ujarnya.

Hal ini berkat kepemimpinan H.Kusno selaku kepala Desa Mandalahaji yang sudah amanah merealisasikan program-program pembangunan desa sesuai dengan moto Sabilulungan,sehingga hasilnya bisa dirasakan dan di nikmati sekarang ini. Kedepannya mudah-mudahan desa Mandalahaji bisa maju lagi,Mandiri dan berdaya saing,"tambahnya.( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment