MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, November 12, 2016

Bupati Tanggamus Kampanye Gemar Makan Ikan



Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST menyematkan PIN Forikan kepada
Ketua TP PKK Kab. Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE, MM
Tanggamus, Swaranasionalpos.com - Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan ST, menghimbau agar masyarakat Kabupaten Tanggamus terus mengkonsumsi menu ikan setiap harinya, sebagai sumber nutrisi protein tinggi yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Menurut Bambang Kurniawan, sebagai Kabupaten yang mempunyai garis pantai yang luas mencapai 200 kilometer lebih, yang terbentang dari Pekon Tampang, Kecamatan Pematang Sawa hingga Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, tentu memiliki potensi perikanan laut yang melimpah, termasuk potensi perikanan sungai.

Bahkan Kab. Tanggamus satu-satunya kabupaten yang memiliki kawasan teluk sendiri di Provinsi Lampung. Nah, melihat potensi luar biasa di sektor perikanan tersebut, maka terus tingkatkan konsumsi ikan, agar kita dan generasi kita semakin cerdas dan kuat. 

Dia mengatakan, sebagai negeri kepulauan biasanya masyarakatnya pintar-pintar, karena mengkonsumsi ikan, contohnya Jepang. 

"Kita bisa seperti mereka jika terus mengkonsumsi ikan baik ikan laut maupun sungai,” kata Bambang Kurniawan, saat memberikan sambutan sekaligus melantik Forum peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Tanggamus periode 2016-2019, di Taman Terbuka Hijau Soekarno-Hatta Kotaagung.

Bambang Kurniawan menekankan, dengan dibentuk dan dikukuhkannya organisasi Forikan Kabupaten Tanggamus periode 2016-2019, diharapkan dapat memotivasi, meningkatkan dan terus mengajak masyarakat agar terus mengkonsumsi ikan. Karena dengan mngkonsumsi ikan, maka bangsa ini semakin cerdas dan semakin kuat, khususnya di Kabupaten yang berjulukan Bumi Begawi Jejama ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Forikan Kabupaten Tanggamus periode 2016-2019 yang baru dilantik, dan semoga dapat menjalankan dan mengemban tugas Forikan dengan baik, sehingga tingkat konsumsi ikan masyarakat Tanggamus kedepan semakin baik,” terangnya.

Bambang Kurniawan juga mengintruksikan kepada para Camat, yang wilayahnya Kecamatannya memiliki garis pantai yang luas di Tanggamus, seperti Kecamatan Limau, untuk mengkampayekan gemar makan ikan.
“Para Camat agar dapat bekerjasama dengan Forikan, ajak masyarakan Kotaagung Timur, Kotaagung, Wonosobo, Pematang Sawa, Cukuh Balak serta Kelumbayan terus konsumsi ikan laut, dengan melaksanakan sosialisasi gemar makan ikan,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Forikan Provinsi Lampung Dwi Endang Sutono mengatakan, bahwa keberadaan organisasi Forikan di Lampung sangat berdampak positif, hal ini terlihat adanya peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat di tahun 2015, yaitu mencapai 27, 86 kilogram perkapita pertahun, sedangkan ditahun sebelumnya hanya 25, 97 kilogram perkapita pertahun.

“Namun kita jangan berpuas diri, karena tingkat konsumsi ikan di Lampung masih dibawah Nasional yang mencapai 38,14 kilogram perkapita pertahun. Oleh karena itu dengan terbentuknya Forikan Tanggamus, dapat bersinergi dengan instansi terkait, dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan, contohnya setiap rumah sakit wajib menu ikan setiap harinya, atau ada lomba memasak menu ikan dalam Posyandu,” katanya.

Diketahui pengurus Forikan Tanggamus periode 2016-2019 yaitu Hj. Dewi Handajani, SE, MM sebagai Ketua Umum Forikan, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tanggamus sebagai Sekretaris Forikan, dan Bendahara DKP Tanggamus sebagai Bendahara Forikan. 

Kegiatan pelantikan di rangkum juga dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) dan penyaluran bantuan kepada nelayan Teluk Semangka, Tanggamus. Hadir dalam pelantikan ini, Bupati Tanggamus Hi. Bambang kurniawan, ST, Wakil Ketua Forikan Lampung Dwi Endang Sutono, Perwakilan DKP Lampung, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Andi Wijaya, Inspektur Firman Ranie, Kepala DKP Tanggamus Edi Narimo, Kepala Bagian Ekobang Retno Noviana Damayanti, Kepala Diskes Sukisno, Uspida, Seluruh Camat dan seluruh pengurus Forikan Tanggamus. *Budi W

No comments:

Post a Comment