MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, November 14, 2016

Jalan Pasar Wetan Kota Tasikmalaya Harus Berlakukan Satu Arah



Kota Tasikmalaya, Swaranasionalpos.com - Guna untuk mengatasi kemacetan di jalan pasar wetan Kota Tasikmalaya, sebaiknya pihak Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya memberlakuan jalan satu arah.

Pasalnya di kawasan itu merupakan areal macet, sedangkan volume kendaraan terus bertambah dimana kondisi jalan terbilang tak berubah. Akibatnya kemacetan pun sudah menjadi pemandangan sehari-hari.

Kesemrawutan itu juga tambah parah, dengan adanya parkir dan sejumlah PKL telah memakan ruas jalan ditambah juga hadirnya delman dan becak, maka kawasan pasar wetan dari Mayasari Plaza sampai ke Matahari Dept Store macet total.

Berdasarkan informasi, padahal dulu di kawasan itu sudah diberlakukan jalan satu arah, tapi entah kenapa tiba-tiba saja. Justru di jalan tersebut malah diberlakukan jalan dua arah, sehingga masyarakat pun banyak yang mengeluh.

 “Lalu lintas di kawasan itu memang padat sekali.Apalagi di sana terdapat Mayasari Plaza (Mall) sedangkan ke arah selatan terdapat Matahari Dept Store.Tak heran dengan adanya pusat perbelanjaan itu volume kendaraan semakin malah bertambah,” terang Pemerhati Sosial, Mumuh Pangestu S.Sos, Senin (14/11).

Menurut pria yang akrab dipanggil Papih itu menuturkan, di kawasan itu juga semakin parah.Pasalnya jalan arah Cihideung kendaraan susah untuk masuk dari jalan Mayasari Plaza. Sebab jalan Cihideung sudah dipersempit oleh kehadiran PKL yang memakan hampir setengah jalan, dehingga tak ayal terjadi penumpukan.

Tentunya juga Dishubkominfo harus bisa membuka akses jalan di kawasan pasar rel, karena di areal pasar rel itu sejatinya adalah jalan umum yang fungsinya untuk jalan. Bukan malah ditutup dan digunakan sebagai kawasan sebuah pasar. Apalagi kondisi tersebut sudah lama.

“Kalau dibuka akses jalan di pasar rel tersebut tentunya akan bisa mengurangi kemacetan di kawasan itu, terutama sebagai jalan alternatif dari selatan menuju ke utara. Para pengendara bisa memanfaatkan jalan di bekas pasar rel tersebut. Minimal dengan begitu kemacetan pun bisa berkurang,” pungkasnya.(Ariska/D.Saepudin)

No comments:

Post a Comment