MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, November 14, 2016

Warga Keluhkan Kenaikan Tarif Parkir di Yogya Dept. Store Tasikmalaya



Kota Tasikmalaya, Swaranasionalpos.com - Sejumlah warga Kota Tasikmalaya mengeluhkan mahalnya tarif parkir di Yogya Dept Store Hazet Tasikmalaya. Pasalnya kini sudah mengalami kenaikan menjadi Rp. 3.000 per jam bagi kendaraan motor dan mobil dari sebelumnya tarif tersebut yang hanya sebesar Rp. 2.000 per jamnya.

“Masa parkir cuma sebentar saja langsung dibandrol sebesar Rp. 3.000, padahal tidak sampai satu jam. Bukankah mereka menerapkan tarif itu satu jam? Ini kan sudah jelas kemahalan. Apalagi kalau tiket itu hilang, pengunjung juga malah didenda dengan harga yang fantastis,” keluh salah satu pengunjung yang merahasiakan namanya, Senin (14/11).

Menurut sumber, kenaikan itu tidak ada sosialisasi juga tidak mempertimbangkan berbagai aspek. Apalagi kenaikan tarif parkir itu cuma terjadi di Yogya Dept Store saja, sedangkan di Asia Plaza dan Mayasari Plaza juga yang lainnya tarifnya tetap tidak naik sebesar Rp. 2.000 per jamnya.

“Kenaikan itu terkesan dipaksakan dan sepihak saja, tanpa terlebih dahulu ada sosialisasi kepada masyarakat, sehingga banyak pengunjung yang kaget ketika ditagih uang parkir sebesar Rp 3.000. Terus terang saya juga baru tahu, di saat memberikan uang Rp 2.000, tiba-tiba petugas parkir tersebut meminta lagi sebesar Rp 1.000,” bebernya.

Di tempat terpisah salah satu pegawai UPTD parkir Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya, Dani mengaku tidak tahu menahu dengan adanya kenaikan tersebut. Bahkan kata Dani belum ada ijin tarif sebesar Rp 3.000, baik di mall ataupun di tempat lainnya.

Statement berbeda justru dikemukanan oleh Plt Kepala UPTD Parkir Dishubkominfo, Hamzah.Ketika dihubungi telepon selulernya. Hamzah mengatakan kenaikan tarif itu sudah sesuai dengan Perwalkot Nomor 34 Tahun 2016.Bahwa tarif plat motor sebesar Rp 3.000, kemudian mobil Rp 4.000, kecuali progresif motor Rp. 2.000 dan mobil Rp 3.000.

“Perbedaanya kalau flat itu parameternya adalah waktu. Mau sebentar ataupun lama, tarif akan sama. Sedangkan progresif itu semakin lama maka tarif akan semakin mahal. Adapun kenapa Asia Plaza dan Mayasari Plaza tidak ikut naik, karena Yogya Dept Store memakai system tarif plat. Adapun Asia Plaza dan Mayasari Plaza memakai system progresif,” terangnya

Di tempat terpisah ketika diminta tanggapnnya kepada pengelola parkir Yogya Dept Store Hazet Tasikmalaya, tidak ada yang memberikan statementnya. Mereka hanya langsung menunjukan sudah ada selebaran kenaikan tarif yang ditempelkan di pos tempat pembayaran parkir selama ini. (D.Saefudin/Ariska)

No comments:

Post a Comment