MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 11, 2016

Kunjungan Wisata Kabupaten Tanggamus Tahun 2016 Meningkat


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparporaekraf)
 Kab.Tanggamus Supardi Syarkawi di ruang kerjanya./Budi Widayat Marsudi.

Tanggamus, Swaranasionalpos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus sudah seharusnya lebih focus terhadap pengembangan sektor wisata di Bumi Begawi Jejama. Sebab banyak objek wisata yang bisa menjadi daya tarik bagi pelancong jika dikelola dengan professional.

Salah satunya pesona wisata alami yang ada di Kabupaten ini sangat memukau para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisata Kabupaten Tanggamus pada tahun 2016 sebesar 40 persen (%) dari tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Wisata Marhasan Samba mendampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparporaekraf) Kabupaten Tanggamus Supardi Syarkawi mengatakan, berdasarkan data yang telah diinput Disparporaekraf dari kunjungan wisatawan diberbagai objek wisata di Tanggamus, terhitung mulai bulan Januari hingga Oktober 2016, kunjungan wisatawan domestik atau lokal mencapai 156.940 kunjungan wisata. Kemudian untuk kunjungan wisatawan manca negara mencapai 1.574 kunjungan, dari data tersebut didapatkan, bahwa ada peningkatan kunjungan wisata ke Tanggamus.

“Cukup menggembirakan, kunjungan signifikan di objek wisata Tanggamus tahun ini, yang diperkirakan sebesar 40 persen dari tahun lalu, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. kunjungan terbanyak masih dari wisata ekologi Teluk Kiluan, yang pesonanya telah mendunia, pengunjung mencapai 63 ribu lebih tahun ini,” katanya, Selasa 8/11/2016.

Marhasan Samba mengatakan, peningkatan kunjungan wisata ke Kabupaten Tanggamus juga imbas daripada dibukanya objek-objek wisata baru. Seperti dibukanya objek Wisata Alam Air Terjun Pelangi, Pesona Wisata Teluk Paku, Basecamp Gunung Tanggamus, Wisata Alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Batu Kebau, Way Sumpu dan beberapa objek wisata lainnya.

“Alam Tanggamus ini sangat kaya dengan pesona wisatanya, sebab tofologinya berupa pegunungan dan garis pantai yang mencapai 200 kilometer lebih, dan mempunyai teluk sendiri, cukup potensi di sektor wisata tentunya. Untuk mengembangkan objek wisata yang tersebar diseluruh Kecamatan, kami menunggu respon masyarakatnya, apabila mereka ingin mengelola objek wisata yang ada, maka akan kami bina, dengan membentuk kelompok sadar wisata,” ujarnya.

Marhasan Samba menambahkan, seiring meningkatknya perkembangan sektor wisata ini, Pemkab Tanggamus juga terus meningkatkan insfrasruktur fisik seperti jalan, jembatan serta drainase menuju akses objek wisata. Dan juga memberikan bantuan-bantuan pembangunan home stay pada objek wisata, seperti di Pekon Kiluan Negeri sebagai Pekon pengelola objek wisata Teluk Kiluan. 

“Tahun ini Pemkab Tanggamus telah memberikan bantuan pembangunan home stay sebanyak 38 unit di Pekon Kiluan Negeri, Teluk Kiluan. Juga memberikan pelatihan-pelatihan mengelola objek wisata yang baik dan benar kepada para pengelola, baik dari pokdarwis, maupun pengelola perseorangan, dalam pengelolaan objek wisata yang baik, harus memenuhi saptapesona,”  imbuhnya. *Budi Widayat Marsudi

No comments:

Post a Comment