MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, November 4, 2016

Revolusi Mental Wujudkan Citarum Bestari

Kab. Bandung, Swaranasionalpos.com - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan ikuti kegiatan Sawala Ecovillage Gerakan Citarum Bestari di Lapangan Sepak Bola Komplek Lanud Sulaiman Kelurahan Sulaiman Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Jumat (4/11).

Sawala Ecovillage Gerakan Cutarum Beatari merupakan pengembangan Desa berbudaya lingkungan yang berbasis masyarakat, dimana pengelolaan lingkungan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah daerah dalam upaya membangun budaya dan prilaku ramah lingkungan didalam 4 aspek yang meliputi Ekologi, Ekonomi, Sosial dan Spritual.

Melalui tema " Revolusi Mental Wujudkan Citarum Bestari" sangat tepat sebagai upaya dalam membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan masyarakat.

Pangdam III/Siliwangi menegaskan, Kodam III/Siliwangi dan seluruh Prajurit akan dengan senang hati dan siap setiap saat membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembalikan kemurnian sungai Citarum.

Dengan harapan, bila sungai Citarum kembali kemurniannya maka fungsi - fungsi strategis kegiatan pembangunan di Jawa Barat yang bergantung kepada Sungai Citarum seperti pertanian, perikanan, pembangkit tenaga listrik dan pariwisata dapat kembali normal dan jadi lebih baik lagi, ungkapnya.

Ditambahkannya, dengan kembalinya sungai Citarum keaslinya maka pembangunan di Jawa Barat akan semakin baik dan meningkat pada akhirnya kesejahteraan rakyat semakin baik dan meningkat pula, ujarnya.

Apabila kesejahteraan masyarakat baik dan meningkat maka secara otomatis ketahanan wilayah juga akan meningkat dan keamanan wilayah akan lebih terjamin lagi.

Pangdam III/Siliwangi, Gubernur Jabar dan Kapolda Jabar serta undangan mengikuti prosesi kegiatan awor cai ( prosesi ngalarung) dan penanaman pohon di bantaran sungai citarum sebagai penahan tanah agar tidak mudah terkikis oleh air.

Dalam mewujudkan gerakan bebersih Citarum ini akan dilakukan kegiatan kerja bhakti gotong royong pada setiap hari Jumat hingga bulan Desember yang dipelopori oleh TNI bersama - sama dengan Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan aparat terkait serta masyarakat disekitar bantaran Sungai Citarum untuk menjadikan Sungai Citarum Bersih, Sehat, Indah dan Lestari.

Hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Jabar, Dirjen Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dirjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala BPLHD Prov. Jabar, Bupati Kab. Bandung dan Para Camat, Para Kepala Desa disekitar bantaran sungai Citarum serta Kimunitas Masyarakat dan Aktivitas Peduli Citarum, Para Budayawan.

(Lucky/Pur - Pendam III/Siliwangi)

No comments:

Post a Comment