MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, April 10, 2018

(SAPU JOGAN) KERAJINAN TANGAN BUTUH PERHATIAN PEMERINTAH

(SAPU JOGAN)  KERAJINAN TANGAN BUTUH PERHATIAN PEMERINTAH
Indramayu,Media Suara Nasional-Kebudayaan topeng adalah merupakan tradisi kesenian Indramayu yang patut kita kembangkan,budayakan dan lestarikan. Salah satunya sanggar budaya SAPU JOGAN  beralamat didesa  Kliwed Rt 13 Rw 02 kecamatan Kertasmaya kabupaten Indramayu.

Perlu diakui jempol karena sanggar budaya bukan untuk kesenian semata tapi juga punya ketrampilan yang perlu dikembangkan. 

Kerajinan tangan merupakan suatu usaha dengan ketelitian tangan dengan berbagai taktik cara model dengan kebisaannya,  salah satu bahan dari proses bahan limbah biji mangga (PELOK). Lalu diproses menjadi beberapa kerajinan, dan dikelola langsung oleh sanggar budaya SAPUJOGAN, yang diketuai bpk HERY SUSANTO 

Saat ditemui dirumahnya HERY Susanto sebagai ketua sanggar dan diwakili oleh ketua divisi kerajinan dan ketrampilan sanggar SAPUJOGAN," Dalam kegiatan pembuatan WIJIL buah mangga sanggar SAPUJOGAN ini sebenarnya tidak terlalu rumit cuma ada keinginan dan niat, pertama bahan yang kita siapkan itu dari limbah  biji buah mangga atau disebut WIJIL  Untuk mengelola kita harus bersihkan dulu.

Dan kita proses menjadi kerajinan tangan yang unik seperti hiasan dinding, gantungan kunci, papan nama, juga pernak-pernik yang lainnya, untuk pemasaran dikembangkan diwilayah indramayu dan alhamdulilah sampai ada pesanan dari ciamis, mudah-mudahan dengan kerajinan PELOK ini bisa membuat warga desa Kliwed ikut terbantu ekonominya. Dan bisa bermanfaat untuk semua kalangan. (Moch tugiran jahol/mzk)

No comments:

Post a Comment