MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Monday, April 9, 2018

Woow !!! TNI Berkolaborasi Dengan Mahasiswa UNPAD,Kader PKK ,Karang Taruna,Warga Bersihkan Sungai Citarum


Woow !!! TNI Berkolaborasi Dengan Mahasiswa UNPAD,Kader PKK ,Karang Taruna,Warga Bersihkan Sungai Citarum
Kerja bersama tanpa kasta demi Citarum Harum
Kabupaten Bandung,Media Suara Nasional-Maung-maung Siliwangi  bersama Mahasiswa Unpad dan Kader-kader PKK,Karang Taruna serta warga Rancamanyar kecamatan Baleendah,Minggu ( 8/4) melakukan giat bersih-bersih di sepanjang  bantaran Bale Rancamanyar sungai Citarum diwilayah sektor VII, kabupaten Bandung.

Tentunya kegiatan bersih-bersih ini mereka lakukan sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap Sungai Citarum guna membantu pemerintah pusat melalui Program Citarum Harum,yang disebut salah satu sungai terkotor didunia.

Mahasiswa Universitas Padjajaran ( UNPAD) Bandung, Ayutin Prianingsih mengatakan," saya dengan Tim dari mahasiswa Unpad kebetulan dari hari sabtu kemarin dan minggu sedang melakukan observasi lapangan dimana observasi ini lebih mengarah kepada kebersihan lingkungan dan kesadaran masyarakat serta aksi sosial,termasuk sekarang kami sedang melakukan bersih-bersih bersama masyarakat dan Satgas Kodam III Siliwangi di Bantaran Bale Rancamanyar Sungai Citarum."ujar Ayutin.

Peran nyata Masyarakat untuk Citarum Harum
Selajutnya kami dari mahasiswa Unpad dengan program Citarum Harum sangat-sangat mengapresiasi apa yang dilakukan prajurit kodam III Siliwangi guna menyelamatkan sungai Citarum dari sampah dan limbah Industri dan tentunya juga menyadarkan masyarakat agar tidak membuang limbah atau sampah ke daerah aliran sungai Citarum.

Sungai Citarum harus segera diselamatkan jangan sampai penyelamatannya tidak kunjung selesai dan menjadi isu nasional serta internasional sebagai sungai terkotor di dunia," tegasnya.

Maka dengan ini kami selaku perwakilan Benkema Departemen  Advokasi perwakilan masyarakat dari Universitas Padjajaran sudah dua bulan melakukan riset,memperbanyak data riperensi dilapangan apakah masyarakat sudah siap apa belum untuk hidup sehat.Dengan tujuan ingin merubah medset (merubah prilaku) agar masyarakat bisa sadar dan mengerti tentang kebersihan dan kesehatan yang sebenarnya." Tambahnya.

Lain Hal yang dikatakan Ibu-ibu PKK desa Rancamanyar, melalui perwakilannya Ny Kinkin yang dikenal si Ratu Selfy  menyebutkan," Dengan adanya prajurit III Siliwangi Alhamdulilah masyarakat Rancamanyar sebagian besar mulai menyadari bersih lingkungan dan sudah tidak membuang sampah lagi ke sungai,tentunya ini awal yang baik bagi kita semua berkat sosialisasi dan dorongan TNI Sektor VII,"ucap Ny Kinkin.

Masih menurutnya," Kami selaku Kader-Kader PKK desa Rancamanyar mengajak seluruh komponen untuk duduk bersama,singsingkan tangan menjaga kebersihan dan bersama maung-maung Siliwangi merawat Sungai Citarum agar bersih dan tidak kotor lagi dengan kerja nyata," tegasnya.

Hal senada dikatakan Rahmat dan Ovi perwakilan organisasi Karang Taruna Mekarjaya desa Rancamanyar," Wajib hukumnya kita sebagai generasi muda untuk menjaga dan merawat sungai citarum.Dengan adanya program Citarum Harum, ayo kita dukung TNI Kodam III Siliwangi mensukseskan Sungai Citarum agar bersih dan tidak terkontaminasi racun mercuri yang membahayakan generasi kami di masa mendatang." ujar Rahmat penuh semangat. ( Arbim/mzk )

No comments:

Post a Comment