MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Friday, October 13, 2017

22 Perusahaan di Kabupaten Bandung Tandatangani Komitmen Kelola Lingkungan Hidup

TPA Ciparay, (sumber: google)
Kab. Bandung, Media Suara Nasional - Secara serentak 22 perusahaan di Kabupaten Bandung menandatangani komitmen pengelolaan lingkungan sebagai tanggungjawab sosial dalam mendukung lingkungan. Selasa (10/10/17).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, "di bangunnya komitmen bersama tersebut adalah upaya Sabilulungan Pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung visi misi Pemda Bandung, yakni mewujudkan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan."

Bertampat di bekas TPA (tempat pembuangan sampah akhir)  Kampung Kelebuhan Bulan, Desa Babakan Kecamatan Ciparay dalam rangka sosialisasi prosedur penegakan hukum lingkungan beberapa pekan lalu.

Dijelaskan Asep, dalam kesepakatan disampaikan kesiapan perusahaan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan dan ketentuan dalam Izin Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (IPPLH). Dimana setiap perusahaan harus siap dengan segala konsekuensi sesuai ketentuan.

Selain itu, Asep berharap perusahaan bisa berkontribusi dalam program kabupaten Bandung yang bersih, sehat nyaman, hijau dan lestari.
Lebih jauh Asep mengungkapkan, pihaknya memiliki 4 strategi khusus dalam mewujudkan Kabupaten Bandung bersih sampah. 

"Strateginya adalah mewujudkan kawasan pemukiman perumahan bebas sampah melalui program LCO (Lubang Cerdas Organik), Industri bersih sampah dengan sistem pengelolaan sampah IPAL. Mewujudkan kawasan pertokoan dan perkantoran bersih sampah." ujar Asep yang di dampingi Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan dan Penataan Hukum Lingkungan, Endang Widayati.
Asep juga mengatakan, "Rumah makan modern tidak boleh mengeluarkan sampah organik, artinya sampah harus habis di kelola di lokasi perusahaan, sesuai aturan setiap kawasan yang di bangun berkewajiban menyediakan sistem pengelolaan sampah dan harus modern."

Mengakhiri perbincangannya, Asep berharap komitmen ini bisa terwujud dan seluruh program bisa di dukung sehingga bisa bermanfaat bagi kita semua.  

Rep: Arbim     |     Red: Jhefry

No comments:

Post a Comment