MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, August 2, 2018

Sektor IV Satgas Citarum Harum Tinjau Ulang Kelayakan Uji Tes Lab Limbah Cair PT WIS Majalaya


Kab Bandung,Media Suara Nasional-PT Wis yang berlokasi di kampung Balekambang desa Sukamaju kecamatan Majalaya kabupaten Bandung,Kamis(2/8) dilakukan peninjauan ulang oleh sektor IV  Satgas Citarum Harum terkait uji kelayakan tes Ipal limbah cair,setelah beberapa pekan terakhir di tutup lubang saluran limbah  cairnya dengan cara di cor karena telah membuang limbah cair pabriknya ke daerah anak sungai Citarum tanpa melalui proses pengolahan yang benar sehingga berdampak tercemarnya sungai Citarum.

Pelaksanaan tes uji kelayakan baku mutu yang di lakukan tim Lab satgas Citarum Harum guna memastikan,apakah pabrik WIS sudah memperbaiki limbah cair Ipalnya apa belum.

Pengecekan uji tes kelayakan limbah cair PT WIS juga disaksikan langsung masyarakat Balekambang desa Sukamaju dan  di hadiri juga oleh Muspika kecamatan Majalaya kabupaten Bandung,guna menghindari adanya fitnah sekaligus bentuk transparasi satgas Citarum sektor IV terhadap pelaksanaan uji tes kelayakan limbah cair PT WIS.

Sebelum dilakukan pengecekan uji tes  kelayakan limbah cair pabrik tersebut,Dansektor IV Kolonel Inf Kustomo memberikan arahan,agar Pihak PT WIS jangan main-main terkait limbah cair yang di buang tanpa di proses yang benar,karena Satgas Citarum Harum tidak akan segan-segan memberikan tindakan yang lebih tegas lagi.

Disebutkannya juga,bahwa pihaknya saat ini sedang menjalankan tugas negara terkait program Citarum Harum sesuai dengan Perpres no 15 tahun 2018.Oleh karena itu pihak Pabrik supaya mentaati dan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan Dinas Lingkungan Hidup terkait Ipal dan  pembuangan limbah cair harus sesuai dengan Baku mutu," ujar,"Kolonel Inf Kustomo menegaskan.

Lebih lanjut Dansektor IV mengatakan," Kami datang ke sini lagi  untuk memastikan kelayakan Ipal limbah cair setelah sebelumnya kami Cor karena pabrik WIS kedapatan membuang limbah cair tidak di proses dengan benar," ucapnya.

Bila pabrik WIS sudah memperbaiki Ipalnya dengan benar dan sesuai baku mutu, niscaya saluran lubang limbah cair ini akan kami buka kembali,tanpa di minta imbalan dan barang siapa minta imbalan mengaku atas nama Dansektor segera laporkan kepada saya atau pihak Kepolisian,biar saya pidanakan,"tegasnya.


Sementara Nana Yana warga Balekambang desa Sukamaju yang menyaksikan langsung uji tes kelayakan Ipal limbah cair pabrik WIS, saat diminta tanggapan oleh MSN menyebutkan,"Berdasarkan data dan laporan masyarakat di lingkungan Balekambang,bahwa Pabrik WIS telah membuang limbah cair tanpa melalui proses yang benar dan mencemari anak sungai Citarum,kami selaku warga berharap pihak Pabrik WIS segera memperbaiki dan memproses serta membetulkan IPALnya dengan benar sesuai dengan baku mutu agar sungai Citarum tidak terkontaminasi limbah cair pabrik yang akan merusak ekosistem air Citarum,"ucapnya.


Maka saya berharap Pabrik WIS segera mempercepat perbaikan Ipalnya dan segera mengantisipasi agar pembuangan limbah cair di benahi sesuai dengan baku mutu,karena banyak warga di daerah kami yang bekerja di perusahaan ini,terganggu dengan tidak produksinya pabrik WIS imbas dari keteledoran pihak perusahaan yang belum benar dalam memproses Ipal limbah cair yang di buang ke selokan kecil bermuara ke sungai Citarum,"terangnya.

Dengan kejadian ini pihak pabrik dapat mengambil hikmahnya dan jangan sampai terulang lagi,kami atas nama masyarakat sangat mendukung segala tindakan para satgas Citarum Harum yang telah memberi pelajaran baik terhadap perusahaan-perusahaan yang bandel,"pungkasnya. ( Bang Arbim)

No comments:

Post a Comment