MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, April 7, 2018

Warga Cangkuang Kulon Antusias Dukung Penuh Program Citarum Harum


Warga Cangkuang Kulon Antusias Dukung Penuh Program Citarum Harum 

Kab Bandung,Media Suara Nasional-Warga desa Cangkuang Kulon kecamatan Dayeuhkolot kabupaten Bandung,secara antusias mendukung penuh program Citarum yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kodam III Siliwangi.

Sabtu (7/4) ,dikatakan ketua MUI desa Cangkuang Kulon,Drs Endih ," Alhamdullilah saya merasa bangga atas kehadiran prajurit Kodam III Siliwangi di wilayah desa kami guna mensosialisasikan  program Citarum Harum,agar masyarakat mengerti dan sadar serta bisa merubah maindset perilaku yang tidak baik membuang sampah ke Daerah Aliran Sungai Citarum, untuk itu saya secara pribadi dan lembaga MUI,mendukung penuh kepada prajurit Kodam III Siliwangi,dimana untuk sektor VII di bawah komando Kolonel Kav H. Purwadi telah menyentuh hati warga desa Cangkuang Kulon dalam Sosialisasi kesadaran masyarakat terkait larangan  membuang sampah ke sungai Citarum berikut dampak-dampaknya.

Masih ditempat yang sama Suhendi  ketua RW 11 kampung Ciparay Hilir desa Cangkuang kulon mengatakan," Dengan kedatangan prajurit kodam III Siliwangi,saya selaku RW disini sangat mendukung dan akan mengajak warga saya untuk membersihkan lingkungan di lokasi rumah masing-masing selanjutnya saya akan arahkan dan memberi pengertian agar warga kami sadar tidak membuang kotoran hewan dan manusia serta sampah ke sungai, karena jelas-jelas merusak ekosistem hidup di sungai, dan yang akan rugi kita sendiri, ikan-ikan di sungai Citarum tidak bisa di konsumsi lagi sebab air sungai sudah kotor dan beracun akibat limbah sampah dan limbah industri." Jelasnya.


Terlebih setelah mendapat paparan-paparan Dansektor VII Kolonel Kav Purwadi saat Sosialisasi tadi,hati saya jadi merinding saat tahu akan bahaya racun mercuri akibat ulah manusia buang limbah ke daeraj aliran sungai.


Hal senada di ucapkan tokoh masyarakat desa Cangkuang, H.Encep Sukria,"Dulu air Sungai Citarum airnya bersih dan bisa di konsumsi, saat kecil saya suka berenang dan mandi di sungai Citarum kalau sekarang boro-boro bisa dipakai mandi,bermain di bantaran sungai citarum pun tidak mau,karena airnya kotor,bau oleh limbah industri dan tumpukan sampah.

Maka dengan kehadiran TNI untuk memulihkan kembali air sungai Citarum ke jaman dulu ,saya bersyukur sekali dan mendukung, terlebih dengan program Citarum Harum yang jelas-jelas sangat baik bagi kita semua dimana sungai Citarum di rawat dan di jaga keamanan,kenyamanan serta kebersihannya.

Dalam usia 85 tahun ini,baru kali ini ada yang betul-betul peduli sama sungai Citarum.Terimakasih kepada Kolonel Kav Purwadi yang telah menyadarkan masyarakat desa Cangkuang Kulon untuk bisa hidup sehat dan bersih, dengan kehadiran bapak dan prajurit Kodam III Siliwangi,saya tidak segan lagi untuk mengingatkan masyarakat disini agar jangan buang sampah sembarangan. Hidup TNI...Hidup TNI dan Hidup pak Kolonel Purwadi," tegasnya mengucapkan yel....yel...akan kehadiran Maung-maung Siliwangi. ( Arbim)

No comments:

Post a Comment