MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Sunday, July 1, 2018

Tidak Mengendur, Satgas Sektor 21 Tutup Lubang Limbah 2 Pabrik Sekaligus

KOTA CIMAHI,Media Suara Nasional- Untuk kesekian kalinya, Satgas Citarum Sektor 21 kembali melakukan penindakan penyelamatan ekosistem sungai melalui cara menutup lubang pembuangan limbah. Hari ini, (Sabtu, 30/6) PT. Asatex dan perusahaan Tanjung Harapan (perorangan), dua pabrik yang berlokasi di Kota Cimahi itu ditutup lubang pembuangan limbahnya oleh Satgas Sektor 21.

Penutupan lubang pembuangan limbah ke dua pabrik tersebut melanjutkan laporan dari Satgas Citarum Subsektor 21-13 atas temuan pada hari Rabu (26/6) terkait keluaran limbah dua pabrik yang masih membuang limbah yang tidak sesuai (pekat dan bau), untuk itu Dan Sektor 21 mengambil tindakan dengan menutup lubang pembuangan limbah pabrik yang berada di Jalan Industri, Kelurahan Utama, Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

"Sesuai amanah Perpres 15 tahun 2018, tindakan ini lanjutan dari laporan Dansubsektor 21-13, yang dilakukan anggota Satgas pada hari Rabu malam (26/6)," ujar Dansektor 21, Kol Inf Yusep Sudrajat, didampingi Dansubsektor 21-13, Mayor Caj (K) Rina Martiani S.Pd. 

"Ada dua lubang pembuangan limbah pabrik yang akan ditutup hari ini, PT Asatex dan perusahaan Tanjung Harapan," terang Dan Sektor 21.

Sejauh ini, kata Dan Sektor 21, sejak April 2018 Satgas Citarum Sektor 21 telah menutup lubang pembuangan limbah pabrik sebanyak 16 perusahaan di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

"Dari 16 lubang pembuangan limbah pabrik yang sudah ditutup, ada 5 pabrik yang sudah dibuka kembali. Karena kalau sudah melakukan perbaikan lalu kita sama-sama lihat hasilnya dan berkomitmen tak akan buang limbah yang tak sesuai lagi, kami akan buka kembali tutupannya," pungkas Kol Inf Yusep Sudrajat. (Elly)

No comments:

Post a Comment